Inovasi Baru di Kandang Sapi yang Beri Untung Berlipat

Pertanianku — Inovasi selalu dihadirkan pada bidang apa pun di kandang sapi sekalipun. Inovasi mutakhir memang sangat membantu para peternak sapi. Salah satu inovasi ini bahkan dapat membantu dalam membudidayakan beragam ternak dengan lebih efisien.

kandang sapi
Foto: Google Image

Mengutip Majalah Trubus, seorang peternak di Desa Palasari, Subang, Jawa Barat, Irwan hanya memerlukan 10—15 menit untuk memerah susu seekor sapi. Padahal, peternak sejak 2011 itu rata-rata memerah sekitar 9 ekor sapi per hari.

Irwan dibantu oleh Lely, yakni robot pemerah susu kreasi Lely Holding S.à.r.l, perusahaan di Massluis, Belanda pada 2018. Lely hanya memerlukan 6,30 menit untuk memerah susu seekor sapi. Artinya, Lely jauh lebih cepat dalam memerah.


Loading...

Distributor Lely di Prancis Tifenn Civi menuturkan, robot berlengan itu bertugas sebagai penyedot susu. Menariknya, keempat lengan tersebut tidak menyentuh lantai sehingga susu lebih higienis dan sehat.

Ia juga menyebutkan, sapi pun merasa lebih nyaman selama pemerahan. “Dengan kata lain, pemerahan lebih cepat sehingga hemat waktu,” ujarnya.

Kelebihan lain dari lengan hibrida itu, yakni memerhatikan kesejahteraan hewan (animal welfare) dan mengurangi biaya listrik hingga 20% atau Rp6,8 juta per tahun per robot. Ketahanan lengan hibrid Lely Astronaut A5 meningkat lantaran katup selenoid dihilangkan. Akibatnya, konsumsi energi alat itu juga menurun.

Inovasi lainnya adalah layar sentuh yang lebih mudah digunakan. “Peternak juga tidak perlu mengalibrasi alat karena sudah terkalibrasi otmatis untuk setiap perahan susu,” kata Tifenn.

Inovasi perusahaan yang berdiri pada 1948 itu memudahkan sapi terhubung dengan alat pemerah susu. Lengan hibrid Lely Astronaut A5 juga tidak menimbulkan suara bising sehingga sapi tidak stres ketika pemerahan susu dilakukan.

Baca Juga:  Ekspor Daging Ayam Tembus Timor Leste
Loading...
Loading...