Inovasi Pupuk dari Rumput Laut Mampu Menyuburkan Tanaman

Pertanianku— Rumput laut telah menjadi komoditas ekspor yang diandalkan di Indonesia. Komoditas rumput laut dapat digunakan untuk berbagai industri, mulai dari industri pangan, farmasi, kosmetik, hingga sektor pertanian. Komoditas ini bisa diolah menjadi pupuk organik rumput laut yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman dan keberlangsungan lingkungan di sekitarnya.

pupuk organik rumput laut
foto: Pixabay

Melihat tingginya potensi komoditas rumput laut, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mengembangkan berbagai riset inovasi rumput laut.

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) Bantul yang disupervisi oleh Pusat Riset Perikanan BRSDM berhasil mengolah rumput laut menjadi pupuk. Kepala LRMPHP, Luthfi Assadad mengatakan, produk pupuk organik yang terbuat dari rumput laut adalah pupuk cair dan pupuk padat (granul).

Pada proses dasar, rumput laut jenis E.cottoni diproses dengan alat pencuci sistem kontinu dengan kapasitas pencucian 100 kg/jam, sedangkan untuk jenis Sargassum sp. proses pencucian menggunakan sistem pencucian dengan kapasitas 40–60 kg/jam. Mesin ini menggunakan tenaga listrik 3 phase 1.000 Watt dan menggunakan alat pencacah berkapasitas 10kg/jam.

Produk pupuk cair dibuat dengan menggunakan alat pengekstrasi berkapasitas 90 kg/90 menit. Adapun untuk pengolahan pupuk padat menggunakan tiga alat, yakni granulator berkapasitas 10 kg/jam, konvenyor berkapasitas 5 kg/jam, dan pengayak berkapasitas 5 kg/jam.

Peneliti LRMPHP, Bakti Berlyanto Sedayu, menjelaskan, pembuatan pupuk organik dari rumput laut itu sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa cara yang bisa digunakan. Salah satunya ialah, rumput laut dipotong-potong, kemudian direbus dengan air destilata. Setelah itu, air rebusan disaring untuk mendapatkan ekstrak rumput laut.

“Berbagai hasil penelitian telah membuktikan bahwa pupuk cair rumput laut dapat mempercepat pertumbuhan tanaman, mempercepat tumbuhnya buah, bahkan membuat hasil panen hortikultura meningkat. Pupuk cair rumput laut juga memiliki khasiat tinggi untuk digunakan pada tanaman bunga. Dengan mudahnya cara membuat rumput laut seperti yang telah diterangkan, maka kita bisa membuat sendiri pupuk cair rumput laut untuk tanaman atau kebun kita di rumah,” jelas Bakti seperti dilansir dari laman kkp.go.id.

 

Baca Juga:  Tindakan untuk Mengatasi Penyakit Mulut dan Kuku yang Merebak Kembali