Inspirasi Olahan Daging Sapi untuk Idul Adha

Pertanianku — Saat Idul Adha, biasanya akan masyarakat akan membuat olahan dari daging kurban. Olahan daging sapi tak kalah populer seiring banyak pula yang menggunakan sapi sebagai hewan kurban. Inilah beberapa inspirasi olahan daging sapi yang bisa Anda coba sebagai menu menyambut lebaran haji kali ini.

Rendang

Olahan daging sapi
Foto: instagram laukceka

Menu khas Minangkabau yang satu ini sudah memiliki banyak penggemar. Rendang umumnya memang dibuat dari daging sapi yang dimasak dengan rempah dan santan yang berlimpah.


Loading...

Mengolah rendang memakan waktu yang cukup lama untuk menggumpalkan santan yang menjadi bahan baku. Namun, hasil akhirnya selain nikmat juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Rendang bisa jadi olahan khas Idul Adha kali ini karena bisa disajikan berulang kali tanpa mengurangi kelezatannya.

Semur

Olahan daging sapi
Foto: seleranyai

Semur berasal dari bahasa Belanda, ‘smoor’ yang berarti memasak dengan cara direbus dan diberi tomat dan bawang. Semur daging sapi merupakan contoh akulturasi budaya masakan Eropa dengan kearifan lokal nusantara.

Selain daging sapi, semur juga dilengkapi dengan kentang dan soun. Rempah-rempah ditambahkan untuk memperkuat cita rasa. Karena menggunakan kecap manis, warna akhir semur adalah kecokelatan dengan rasa manis yang khas.

Sate

Olahan daging sapi
Foto: dapurfoody

Olahan daging sapi yang satu ini harus menjadi prioritas saat lebaran haji tiba. Mengolah daging sapi menjadi sate adalah salah satu cara yang paling mudah. Daging sapi tidak memiliki aroma sekuat kambing sehingga penikmatnya pun lebih banyak.

Sate daging sapi dibuat dengan memadukan daging dengan bumbu kecap dan rempah sederhana. Sate daging sapi disajikan dengan kecap manis, irisan bawang merah, irisan cabai, irisan kol, dan tomat.

Tongseng

Olahan daging sapi
Foto: instagram ariphamdani

Kuah kental menjadi ciri khas olahan daging yang satu ini. Tongseng sendiri bisa dibuat dari daging sapi, kambing, ataupun daging ayam. Rasa khas tongseng adalah bumbu yang ‘tajam’ dan cenderung pedas.

Baca Juga:  Tips Mengolah Ikan Kakap, Lebih Nikmat dan Sedap

Selain itu, daging yang digunakan untuk memasak tongseng juga daging yang masih melekat pada tulang, terutama tulang iga dan tulang belakang. Dengan begitu, kaldu yang dihasilkan pun lebih pekat.

Sapi lada hitam

Olahan daging sapi
Foto: instagram yunitaanwar

Olahan lain yang bisa Anda buat saat Idul Adha adalah sapi lada hitam. Bumbu utama yang digunakan adalah lada hitam sehingga sensasi yang dihasilkan cukup pedas. Jika Anda menyukai sensasi pedas khas lada, sapi lada hitam wajib menjadi menu yang disajikan.

Loading...
Loading...