Instalasi Air Minum Yang tepat Untuk Ayam Pedaging


Pertanianku – Instalasi air minum yang diperlukan meliputi sumur, pompa air, paralon sebagai saluran air, drum penampungan, dan tempat minum otomatis (bell drinker). Sumber air dapat berupa sumur gali atau sumur bor dengan kedalaman antara 8—20 m. Pompa yang berdaya 100 watt. Debit air yang cukup, yaitu sebanyak dua kali populasi ayam (1,5 untuk kebutuhan kandang dan 0,5 untuk operator) merupakan syarat mutlak karena kebutuhan air meningkat dengan tajam saat ayam berumur ayam lebih dari 21 hari. Apabila sumber air yang didapatkan lebih dalam, daya pompa air disesuaikan dengan kebutuhan. Perkiraan kebutuhan air sesuai dengan populasi ayam dapat dilihat pada Tabel 3.

Instalasi Air Minum Ayam Pedaging

Sumur sebagai sumber air harus jauh dari genangan atau rembesan dari air permukaan. Tujuannya agar air berkualitas baik dan terhindar dari pencemaran. Oleh karena itu, pilih lokasi yang tidak ada genangan. Selain itu, jumlah sumur sebaiknya lebih dari satu atau dua buah. Tujuannya apabila1 sumur bermasalah ada sumur lain yang dapat digunakan dengan cepat.

Sebelum diberikan ke ayam, air ditampung di dalam wadah berupa drum. Ada dua jenis drum, yaitu bak atau drum penampung air di luar kandang dan drum di dalam kandang untuk air minum di kandang. Drum atau bak diluar kandang menampung seluruh air sebelum disalurkan ke dalam kandang. Kedua drum tersebut harus dipisah.

Agar suplai air minum dapat lebih kontinu, dapat menggunakan tempat minum otomatis model bell drinker. Pemberian obat juga dapat dilakukan bersamaan dengan air minum tersebut. Dengan demikian, manfaat obat lebih optimal.

 

Sumber: Buku Panduan Praktis Pembesaran Ayam Pedaging

 

Baca Juga:  Lebih Sehat Daging Kambing atau Daging Domba? Ini Jawabannya!
loading...
loading...