Instalasi Tempat Pakan Ayam Pedaging Yang Tepat


Pertanianku – Tempat pakan ayam diletakkan dengan cara digantung. Penggantung lajur tempat pakan dibuat dari bambu yang membujur dari timur ke barat. Adapun sebagai penggantungnya terbuat dari tambang. Jarak antara lajur tempat pakan dan tempat minum 1—1,5 m. Lajur paling luar adalah tempat pakan. Jarak lajur tempat pakan dengan dinding kandang 1 m.

Instalasi Tempat Pakan Ayam Pedaging

Tujuannya agar ayam tidak terlalu jauh untuk menjangkaunya. Peralatan tempat pakan yang dibutuhkan, yaitu sebagai berikut.

  1. Tambang plastik berdiameter 0,8 mm.
  2. Bambu atau kayu yang diberi tiga lubang untuk mengatur ketinggian tempat pakan atau adjuster.
  3. Tempat pakan gantung atau hanging feeder dengan kapasitas 5 kg atau 10 kg pakan. Tempat pakan kapasitas 5 kg digunakan untuk 25—30 ekor, sedangkan kapasitas 10 kg untuk 35— 40 ekor. Tempat pakan gantung terdiri atas dua bagian, yaitu sebagai berikut.
  • Tabung plastik dan kawat penggantung. Bagian bawah tabung terdapat 2—3 lubang untuk menggantung kawat. Lubang tersebut juga berfungsi untuk mengatur pakan yang turun ke piring sesuai dengan umur ayam. Lubang paling atas untuk ayam kecil, sedangkan yang bawah untuk ayam besar.
  • Piring tempat pakan gantung dilengkapi dengan tigacantolan kawat penggantung ke tabung tempat pakan. Piring ini juga dapat difungsikan sebagai tempat pakan sementara saat ayam berumur 5—12 hari.

 

Sumber: Buku Panduan Praktis Pembesaran Ayam Pedaging

 

Baca Juga:  Guna Menekan Harga, Tata Niaga Daging Sapi Perlu Diubah
loading...
loading...