Intip Enam Jenis Ikan Hias Air Tawar Paling Populer

Pertanianku — Ikan hias air tawar umumnya diminati karena perawatannya lebih mudah. Ikan air tawar biasanya dipelihara dalam akuarium atau kolam. Ada banyak jenis ikan air tawar yang biasa dipelihara. Tapi ada enam jenis ikan hias air tawar yang paling populer dipelihara di Indonesia.

jenis ikan hias air tawar
Foto: pixabay

Oskar

Astronotus ocellatus atau ikan oskar memiliki ukuran yang hampir mirip dengan ikan nila. Selain itu, pergerakan ikan oskar juga mirip dengan ikan konsumsi tersebut.

Loading...

Warna ikan oskar adalah hitam pada bagian dasarnya dengan corak batik oranye yang menonjol. Jenis lain ikan oskar yang biasa dipelihara adalah ikan oskar albino dengan warna putih pucat dengan garis totol-totol oranye. Ada pula spesies ikan oskar albino tanpa motif alias polos.

Diskus

Nama ilmiah ikan ini adalah Symphysodon aequifasciata. Bentuk ikan diskus adalah bulat pipih, hampir mirip seperti piring yang ditelungkupkan. Ikan hias ini terkenal mudah stres dan harganya cenderung lebih mahal sehingga perawatannya pun harus lebih hati-hati.

Di pasar lokal, ikan ini dijual dengan berbagai corak. Berbagai warna ikan diskus cocok bagi Anda yang suka mengoleksi ikan dengan warna-warna cerah.

Maskoki

Sering disebut ikan koki atau maskoki, Carassius auratus merupakan ikan hias air tawar yang mampu hidup di perairan dangkal dengan aliran air tenang dan suasananya sejuk. Ciri khas ikan ini adalah mata besar dan agak menonjol keluar.

Ikan maskoki punya banyak varian warna, mulai dari putih, metalik, merah, kuning, merah kekuningan, hijau, hitam, atau kombinasi dari warna-warna tersebut.

Cupang

Betta splendens merupakan nama ilmiah hewan yang satu ini. Bentuk ikan cupang cenderung memanjang dengan warna beragam antara lain cokelat, hijau, merah, biru, kuning, abu-abu, dan putih.

Sirip dan ekor ikan cupang yang menjuntai menjadikan ikan ini sangat indah dan digemari. Habitat asli ikan cupang adalah beberapa negara di Asia Tenggara. Di kalangan penggemar, jenis ikan cupang terbagi lagi menjadi cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Arwana

Terkenal karena biaya perawatannya yang mahal, Sclerophager formous memiliki banyak nama lain seperti ikan naga, ikan payung, siluk, silok, kalikasa, kalasa, hingga khayangan.

Tak seperti ikan hias air tawar yang lain, ikan arwana masih digolongkan sebagai jenis ikan purba. Ciri khas ikan arwana adalah tubuh besar dengan sisik yang mengilat. Pada 2014, International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) mengeluarkan status ‘terancam punah’ bagi ikan ini karena sering diperdagangkan.

Koi

Spesies yang satu ini masih bersaudara dengan ikan mas dan ikan maskoki. Keunikan Cypirus carpio ini adalah tubuh yang memanjang seperti torpedo. Umumnya, ikan ini berwarna hitam, putih, merah, kuning, perak, dan keemasan.

Di Jepang, ikan koi menjadi simbol cinta dan persahabatan. Koi biasanya dijadikan hiasan dengan tujuan keindahan dan dipercaya membawa keberuntungan.

Loading...
Loading...