Intip Prospek Peluang Bisnis Aglaonema yang Sedang Berjaya

Pertanianku — Tanaman hias aglaonema dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama sri rejeki. Pada kenyataannya tanaman hias ini memang benar-benar menjadi sumber rezeki bagi masyarakat Indonesia selama pandemic Covid-19. Berangkat dari tingginya animo masyarakat terhadap aglaonema, TBS EXPO Online (27/5) mengadakan Trubus Talk dengan tajuk “Bisnis Aglaonema Kembali Naik Tahta”.

bisnis agloenema
foto: Pertanianku

Trubus Talk tersebut dipandu langsung oleh Sardi Duryatmo, redaksi Majalah Trubus. Bertindak sebagai narasumber antara lain Raden Agus Choliq, S.E., M.M. sebagai pelaku dan praktisi aglaonema, Ade Wardhana Adinata, S.E., M.M. selaku eksportir aglaonema, dan Dr. Hj. Siti Nur Azizah Ma’ruf Amin, S.H., M.Hum. pehobi aglaonema. Acara ini disiarkan secara langsung melalui www.tbsexpo.com.

Owner dan Managing Director Minaqu Indonesia Ade Wardhana Adinata merupakan eksportir tanaman hias yang sudah memiliki lima negara tujuan ekspor, yaitu Jerman, Kanada, Cyprus, Amerika, dan Korea Selatan. Salah satu tanaman hias yang berhasil diekspor dan memiliki peminat yang cukup tinggi adalah aglaonema.

Menurut Ade, perusahaannya telah memiliki kontrak dan kerja sama pemasaran di 5 negara sebanyak 1 juta bibit per tahun atau senilai Rp1 triliun. Selain memasarkan tanaman hias, Minaqu Indonesia memiliki pusat riset dan pengembangan varietas unggul, pusat evaluasi dan karakterisasi tanaman hias baru, serta pusat produksi tanaman hias.

Narasumber berikutnya adalah pelaku usaha dan praktisi aglaonema sekaligus pemilik nursery, Raden Agus Choliq, memaparkan beberapa daya tarik dari bisnis tanaman aglaonema. Yang paling utama adalah warna daun yang menarik karena berwarna-warni, jenis dan variasinya bervariatif, dan keindahan daunnya bisa dinikmati sepanjang musim.

Selain itu, menurut Raden Agus permintaan pasar aglaonema terus meningkat, modal yang dibutuhkan relatif kecil dibandingkan dengan harga di pasaran, pencinta aglaonema datang dari berbagai golongan masyarakat, dan memiliki fleksibilitas dalam pengiriman.

Baca Juga:  Beras Ketan Pulut Mandoti, Beras Termahal di Indonesia

“Generasi milenial sangat mendominasi juga untuk budidaya aglaonema dan transaksi aglaonema. Banyak teman-teman yang memesan tanaman dari usia remaja sampai orang tua, remaja sangat banyak,” tutur Raden Agus saat live Trubus Talk 27 Mei 2021 di www.tbsexpo.com.

Pehobi aglaonema Siti Nur Azizah Ma’ruf Amin menjelaskan aglaonema merupakan tanaman hias yang sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi skala bisnis.

Siti memaparkan beberapa alasan tanaman aglaonema banyak diminati pehobi tanaman hias, mulai dari mudah dirawat dan cepat beradaptasi dengan lingkungan, tidak memerlukan sinar matahari terlalu banyak, mampu membersihkan udara, memiliki banyak varietas, membawa keberuntungan, dan bisa ditinggal bepergian berhari-hari.

“Dan yang kita harapkan juga bahwa tanaman hias ini tidak hanya ditanam oleh pehobi. Tanaman ini juga dapat dikenalkan pada anak-anak di sekolah-sekolah karena ini sangat menarik,” ujar Siti.

Ikuti kegiatan menarik lainnya di TBS Online Expo yang akan berlangsung pada 27—29 Mei 2021. Selain talkshow inspirasi bisnis pertanian, ikuti pula dua workshop Kelas Trubus pada 29 Mei 2021.

Kelas Trubus: Agar Panen Akuaponik Optimal, menghadirkan Dr. Yudi Sastro, S.P., M.P. selaku peneliti pada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian pada 29 Mei 2021 pukul 10:00—12:00 WIB. Kelas Trubus kali ini akan mengupas tuntas pengenalan teori dasar budidaya akuaponik, aplikasi akuaponik di pekarangan, kekurangan dan kelebihan akuaponik, serta pemanfaatan akuaponik untuk ketahanan pangan.

Simak tips dan trik serta langkah-langkah jitu agar akuaponik dapat panen optimal meski di pekarangan dari ahlinya langsung! Akses www.tbsexpo.com/expo, kemudian klik Workshop.

Ada pula Kelas Trubus: Bertanam Organik untuk Pemula menghadirkan Maya Stolastika selaku Petani Organik Milenial dan Pemilik Twelve Organic yang akan memberikan inspirasi bagaimana cara bertanam organik untuk pemula. Simak inspirasi, tips dan trik, serta langkah-langkah bertanam organik untuk pemula yang mudah! Catat tanggal dan waktunya, 29 Mei 2021 pukul 14:00—16:00 WIB, langsung dari www.tbsexpo.com. Akses www.tbsexpo.com/expo, kemudian klik Workshop.

Baca Juga:  Trenggono Optimis Indonesia Mampu Kuasai Pasar Udang Dunia

Dapatkan pula harga spesial untuk produk-produk seputar pertanian, baik buku maupun sarana produksi pertanian di Market TBS Online Expo. Akses www.tbsexpo.com/expo, kemudian klik Market dan dapatkan harga spesialnya sekarang juga!