Israel Menyemprot Herbisida di Lahan Pertanian Gaza


Pertanianku — Pejabat Kementerian Pertanian Palestina, Nizar al-Wahedi mengatakan, sebuah pesawat milik Israel telah menyemprotkan herbisida di lahan pertanian gaza pada Minggu (4/3/2018).

lahan pertanian gaza
Foto: Google Image

Penyemprotan dilakukan di sekitar lahan pertanian sepanjang perbatasan Israel dengan Jalur Gaza.

“Bahan kimia ini menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian dan membahayakan lahan pertanian,” kata al-Wahedi seperti dikutip dari Middle East Monitor.

Dia mengatakan bahwa Kementerian Pertanian Palestina tidak mengetahui komposisi bahan kimia Israel yang disemprotkan ke tanah Palestina tersebut.

“Israel tidak memiliki hak untuk menyemprot herbisida di lahan pertanian Palestina,” ujar dia dengan tegas.

Namun demikian, LSM Israel, Gisha menjelaskan tujuan dari operasi penyemprotan yang dilakukan oleh pesawat milik negara mereka, Israel. Ia mengatakan hal itu dilakukan untuk menyingkirkan rumput yang tidak dibutuhkan di sepanjang perbatasan dengan wilayah Palestina.

Sebanyak 44.000 warga Palestina bekerja di bidang pertanian, yang menghasilkan sekitar 11 persen angkatan kerja di wilayah ini.

Gaza, yang memiliki penduduk lebih dari dua juta orang, selama ini tertekan di bawah blokade Israel dan Mesir yang melumpuhkan sejak 2007.

Baca Juga:  3 Kecamatan di Bantul Masih Hadapi Masalah Kekeringan
loading...
loading...