Istirahat Kandang, Saatnya Mencuci Kandang Ayam agar Bibit Penyakit Hilang

Pertanianku — Setelah masa produksi usai, kandang ayam akan masuk masa istirahat kandang. Saat itu kandang sudah dalam kondisi kosong karena ayam ternak sudah dipanen semua. Selama masa istirahat kandang, peternak akan melakukan beberapa tindakan perawatan kandang, salah satunya dengan mencuci kandang ayam.

mencuci kandang ayam
foto: Pertanianku

Mencuci kandang ayam tidak boleh dilakukan sembarangan karena seluruh bagian di dalam kandang harus tercuci dengan baik. Dengan begitu, tidak ada bibit penyakit yang bisa menyebar saat periode pemeliharaan selanjutnya.

Air yang digunakan harus bersih. Selain itu, air bekas cucian harus mengalir dengan sempurna ke luar kandang melalui saluran drainase yang berada di samping kandang. Jangan ada bekas sisa air cucian yang menggenang di sekitar kandang. Pencucian harus dilakukan sesuai tahapan agar pekerjaan menjadi lebih efisien.

Berikut ini langkah-langkah mencuci kandang ayam agar bibit penyakit hilang.

  1. Pencucian dimulai dari bagian atap kandang, lalu dilanjutkan ke bagian dinding. Seluruh tali rafia atau bahan apa pun yang melekat pada dinding harus dicuci hingga bersih. Setelah itu, bagian bawah dinding dan dilanjutkan ke lantai kandang. Pencucian akan jauh lebih efektif jika Anda mulai mencuci dari bagian atas ke bawah.
  2. Setelah pencucian dengan air biasa selesai, lanjutkan dengan pencucian kedua dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan deterj Setelah seluruh bagian kandang dibasahi dengan air deterjen, diamkan selama beberapa saat sekitar 1—2 jam agar deterjen tersebut bisa melarutkan kotoran-kotoran yang menempel. Selain itu, deterjen juga dapat membunuh kuman, bakteri, dan virus yang menempel di dalam kandang.
  3. Bilas kembali seluruh isi kandang dengan menggunakan air bersih bertekanan tinggi agar seluruh debu dan kotoran yang masih menempel di dalam kandang tersapu
  4. Bagian dinding serta lantai kandang perlu disiram dengan air panas bersuhu 100°C.
  5. Diamkan kandang hingga kering.
  6. Setelah bagian lantai dan dinding kering, semprotkan kembali dengan menggunakan kapur.
Baca Juga:  Kiat Memberikan Pakan Kambing Potong yang Benar

Bukan hanya kandang yang perlu dicuci selama masa istirahat kandang, peralatan makan dan minum serta alat bantu lain juga harus dibersihkan dengan cara yang hampir sama. Hal ini agar tidak membawa bibit penyakit pada ayam yang akan menggunakannya.