Jaboticaba, Buah Anggur Pohon Asal Brazil

Pertanianku — Apakah Anda sudah pernah mendengar buah jaboticaba? Buah ini memang berasal dari luar Indonesia, yakni Brasil Tengah, Selatan, dan Tenggara. Jaboticaba merupakan buah anggur pohon yang dibudidayakan pada skala kecil oleh petani di wilayah selatan Brasil.

jaboticaba
foto: pixabay

Nama jaboticaba berarti buah bubur. Buah ini bisa dipanen sebanyak dua kali dalam satu tahun. Tanaman membutuhkan waktu selama 5—6 bulan untuk melangsungkan proses pertumbuhan dan satu bulan untuk proses pengerasan (hardening) sebelum tanaman dipindahkan ke kebun.

Nama Latin dari jaboticaba adalah Plinia cauliflora dan termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Buah ini sangat mudah ditemukan di wilayah barat daya negara bagian Parana (Brazil) dan di Hutan Araucaria.

Loading...

Sementara itu, budidaya buah jaboticaba berada di Kota Casa Branca di State of Sao Paulo, Brasil. Ada 41.000 tanaman yang dibudidayakan di daerah tersebut. Buah anggur pohon ini bisa ditanam mulai dari tepi pantai hingga di ketinggian 3.000 kaki. Buah jaboticaba memang mirip seperti anggur, tetapi batang pohonnya lebih besar dibandingkan pohon anggur.

Buah ini juga dibudidayakan di California, seperti di daerah San Diego, Spring Valley, Bostonia, Encitasm Los Angeles Selatan, San Jose, dan San Fransisco.

Di Indonesia, tanaman ini sering dibudidayakan oleh kolektor tanaman buah sebagai pohon bonsai, landscape, dan pohon yang memang digunakan untuk produksi buah. Anda bisa menemukan pohon buah anggur di Blitar, total ada 3.500 pohon tanaman di daerah tersebut. Selain itu, ada juga di Bandung sebanyak 1.000 tanaman.

Di Kebun Raya Cibodas, Cianjur, terdapat tanaman anggur pohon yang sudah berumur lebih dari 100 tahun. Selain di Indonesia, pohon tersebut diyakini sebagai asal-usul tanaman bonsai anggur pohon. Kini, Taiwan juga mulai mengembangkan tanaman ini di lahan seluas 4,3 hektare.

Baca Juga:  Langkah Mudah Membuat Minyak Atsiri Bunga Sedap Malam

Buah jaboticaba mengandung vitamin K, C, B2, B1, B8, B12, magnesium, karbohidrat, energi, seng, thiamin, natrium, serat, asam folat, dan riboflavin. Buah yang masih muda berasa seperti jambu biji, manggis, atau markisa. Buah ini bisa diolah menjadi jus, manisan, salad, dan lain-lain.

 

 

 

Loading...
Loading...