Jadi Peternak Harus Kreatif

Pertanianku — Dalam mengelola usaha ternak kambing, peternak dituntut untuk kreatif agar mampu memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi. Kreativitas juga bisa membuat peternak menemukan formula sendiri dalam beternak. Berikut ini beberapa alasan mengapa peternak harus kreatif.

peternak
foto: pertanianku

Pembuatan kandang

Kandang merupakan tempat tinggal hewan ternak, otomatis kandang merupakan kebutuhan utama yang harus dimiliki saat ingin beternak. Namun, terkadang biaya pembuatan kandang tidak murah. Anda memerlukan modal yang cukup besar agar kandang yang dibuat bagus dan tahan lama.

Loading...

Dengan kreativitas, peternak bisa memanfaatkan bahan-bahan alternatif yang tersedia di lingkungan sekitar. Pemanfaatan bahan alternatif tersebut terbukti mampu membuat modal menjadi lebih efisien.

Sewa lahan

Di desa masih ada banyak lahan yang dimiliki oleh pemerintah daerah dan berpotensial untuk dijadikan lokasi kandang ternak. Jika peternak kreatif, mereka bisa berdiskusi dengan pihak pemerintah daerah untuk memanfaatkan lahan tersebut agar produktif dan bisa menjadi sumber penghasilan warga sekitar.

Selain itu, peternak juga bisa menggunakan sisa lahan yang dimiliki untuk menanam pakan hijauan agar mereka tidak perlu susah-susah mencari pakan hijauan ke dalam hutan. Hijauan bisa ditanam di pinggiran jalan desa.

Pakan konsentrat

Agar pertumbuhan kambing bisa pesat, Anda membutuhkan pakan penguat atau konsentrat yang terbuat dari bahan limbah. Hampir setiap desa memiliki industri tahu, tempe, tapai, pemarutan kelapa, atau industi pengolahan lainnya. Limbah yang dihasilkan oleh industri tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan konsentrat. Dengan begitu, biaya pakan pun bisa ditekan dan lebih efisien.

Limbah pertanian

Jika wilayah ternak terletak di dekat pertanian, Anda bisa memanfaatkan limbah pertanian yang banyak tersedia saat musim panen. Limbah pertanian yang bisa digunakan adalah daun singkong, daun nangka, daun jagung, daun sengon, serta rumput dan jerami padi.

Baca Juga:  Penyimpanan Pakan Ayam Tidak Boleh Sembarangan

Penjualan

Kreativitas dalam penjualan juga berperan sangat penting. Penjualan merupakan ujung tombak dari kegiatan usaha yang peternak lakukan.

Loading...
Loading...