Jadwal Kegiatan Persiapan Kandang yang Perlu Dilakukan Sebelum Ayam Datang

Pertanianku — Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan sebelum ayam masuk ke kandang. Persiapan kandang sangat berguna untuk mencegah serangan penyakit dan hama yang merugikan ternak. Selain itu, pada masa ini, peternak juga berkesempatan mengecek kondisi kandang.

persiapan kandang
foto: Pertanianku

Masa persiapan kandang disebut sebagai masa istirahat kandang yang berlangsung minimal tujuh hari. Berikut ini kegiatan yang perlu dilakukan selama masa istirahat kandang.

Tujuh hari sebelum kedatangan DOC

Pada masa ini seluruh kotoran ayam sudah harus dikeluarkan dari kandang sebelum dicuci. Pastikan tidak ada genangan air di sekitar kandang. Selanjutnya, bersihkan tempat pakan dan minum dengan menggunakan spons dan sikat. Rendam tempat pakan dan minum dengan larutan disinfektan terlebih dahulu sebelum dijemur.

Enam hari sebelum kedatangan DOC

Setelah tempat pakan dan minum selesai dicuci, pada keesokan harinya Anda perlu mencuci kandang dengan larutan detergen 1–2 persen. Seluruh bagian kandang harus dicuci, mulai dari lantai, dinding, dan langit-langit. Setelah itu, diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air menggunakan power washer.

Anda juga perlu mencuci bagian tirai dan alas kandang (amparan) hingga bersih, kemudian rendam dengan disinfektan selama 24 jam, lalu jemur.

Lima hari sebelum kedatangan DOC

Kandang yang sudah bersih perlu disemprotkan insektisida agar tak ada lagi bibit penyakit yang tertinggal. Selanjutnya, bersihkan lingkungan kandang dan berikan larutan kapur ke seluruh ruangan serta lantai kandang.

Peralatan kandang yang sebelumnya sudah dicuci dimasukkan kembali ke kandang. Pastikan peralatan yang dimasukkan sudah sesuai dengan jumlah DOC yang akan masuk. Lakukan disinfeksi kandang dengan larutan formalin dosis 5 ml/air.

Empat sampai dua hari menjelang kedatangan DOC

Baca Juga:  Ciri-ciri Ayam yang Sedang Sakit

Pada masa ini kandang sudah masuk masa istirahat kandang. Sebaiknya, tidak ada lagi aktivitas di dalam kandang.

Satu hari sebelum DOC datang

Lakukan penyetelan brooding, tirai dalam, pasang tempat pakan dan minum, tabur sekam, pasang lampu, dan lain-lain. Lakukan penyemprotan ke seluruh bagian kandang dengan disinfektan.