Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Tamarillo Terung Toraja Buah Asal Sulawesi Selatan

Pertanianku Tamarillo katarrung merupakan buah lokal asal Sulawesi Selatan, buah ini lebih dikenal dengan nama terung toraja. Tamarillo tumbuh di dataran tinggi dan bisa ditanam secara polikultur dengan komoditas pertanian lainnya. Petani bisa menanam tanaman ini sebagai tanaman sampingan yang bernilai ekonomis. Buahnya bisa dijual di pasar untuk memenuhi kebutuhan hotel.

Tamarillo
foto: pixabay

Tamarillo katarrung atau Chypomandra betaceae sering ditanam sebagai tanaman pekarangan dan sudah dikembangkan menjadi buah khas Toraja. Para turis yang berkunjung Toraja akan mendapatkan welcome drink buah ini dalam bentuk jus buah yang segar atau selai.

Tamarillo katarrung mengandung 25 mg vitamin C, 84,4 persen air, dan 2,58 persen gula per 100 gram buah. Selain itu, terung toraja juga mengandung protein 15 gram, lemak 0,06—1,28 gram, karbohidrat 10 gram, serat 1,4—4,2 gram, dan vitamin A 150—500 Sl.

Loading...

Buah terung toraja mengandung sedikit kalori, dalam 100 gram buah hanya terdapat 31 kalori. Namun, kandungan lemak, protein, dan kalorinya terbilang lebih banyak dibandingkan tomat. Buah ini kaya akan serat, mineral, antioksidan, dan vitamin.

Meskipun masih belum terlalu populer, buah ini ternyata disukai oleh para turis mancanegara ataupun domestik yang berkunjung ke Toraja. Buah terung toraja sudah resmi terdaftar di pusar Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian dengan nomor publikasi 037/BR/PVL/04/2015.

Buah ini terasa asam dan rasa asam tersebut berasal dari kandungan citric acid dan malic acid yang sangat penting untuk tubuh. Kedua kandungan tersebut bisa membantu daya tahan tubuh, menjaga kesehatan gigi dan mulut, mengurangi tubuh dari risiko keracunan bahan logam, dan membuat kulit menjadi lebih mulus.

Kandungan antioksidan dalam buah ini bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dalam diabetes mellitus II.

Baca Juga:  Hama dan Penyakit Jambu Air Khiojok yang Wajib Diwaspadai

Rasa buah terung toraja agak berbeda dengan terung pada umumnya. Selain itu, bentuknya juga terbilang unik, lebih mirip dengan tomat. Kulit buahnya terasa licin dan tipis, kulit buah yang belum masak berwarna hijau, sedangkan yang sudah masak akan berubah menjadi ungu kemerahan.

 

 

 

 

Loading...
Loading...