Jaga Imun Tubuh Selama Berpuasa dengan Buah Segar

Pertanianku — Selama berpuasa Anda perlu menjaga imun tubuh dengan asupan makanan bergizi, salah satunya dengan mengonsumsi buah segar. Mengingat saat ini masih berlangsung pandemi sehingga Anda perlu lebih berhati-hati dengan mengonsumsi makanan bergizi, seperti buah segar.

imun tubuh
foto: Pertanianku

Ada banyak jenis buah segar yang dapat berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Buah-buahan tersebut sangat mudah Anda jumpai. Berikut ini deretan jenis buah yang bagus dikonsumsi untuk menjaga imun tubuh.

Jambu biji

Buah jambu biji mengandung vitamin C yang dipercaya dapat membunuh bakteri dan virus jahat yang dapat menyebabkan infeksi. Jambu biji sangat mudah didapatkan, apalagi ketika sedang musimnya. Anda bisa mengonsumsi jambu biji secara langsung atau diolah terlebih dahulu menjadi jus buah.

Semangka

Buah dengan kandungan air yang banyak dan rasa manis ini mengandung glutathione, vitamin C, dan antiinflamasi yang sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Semangka sangat menyegarkan dikonsumsi saat berbuka atau pada malam hari setelah makan malam.

Nanas

Buah nanas mengandung vitamin C dan mangan yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan di seluruh tubuh dan membantu pencegahan osteoporosis serta meringankan gejala penyakit tulang lainnya.

Pepaya

Buah pepaya sangat mudah untuk ditemui, bahkan harganya terbilang lebih murah dari buah-buahan lainnya. Meski lebih ekonomis, buah pepaya juga mengandung nutrisi yang tidak kalah penting. Pepaya mengandung vitamin C, B, dan folat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jeruk

Jeruk termasuk buah populer yang banyak disukai orang-orang karena rasanya yang menyegarkan dan berwarna kuning. Selain itu, jeruk juga cukup mudah didapatkan seperti pepaya. Kandungan vitamin C di dalam buah jeruk dapat memperkuat sistem ketahanan tubuh untuk melawan penyakit, seperti flu dan infeksi virus.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Lengkeng Matalada di Lahan dan Pot

Stroberi

Buah stroberi yang berwarna merah dan terasa asam manis kaya akan vitamin C, fitokimia, dan bioflanovoid. Kandungan-kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan dan menjaga imunitas tubuh sehingga tubuh lebih kuat menghadapi penyakit.