Jaga Kecantikan Kulit dengan Makan Ikan

Pertanianku — Tiap 21 November diperingati sebagai Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang dapat menjadi momentum untuk meningatkan konsumsi ikan karena terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat menjaga kondisi kesehatan tubuh, ikan juga bisa digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Hal ini terbukti dari banyaknya industri kosmetik yang menggunakan bahan baku yang berasal dari bioteknologi perairan.

kecantikan kulit
foto: Pixabay

“Seluruh bagian dari ikan dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk bernilai tinggi. Kini dengan mudah kita menemukan komponen ikan pada produk farmasi, kosmetik, pangan fungsional, material medis hingga fashion,” papar Artati Widiarti, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) seperti dikutip dari laman kkp.go.id.

Praktisi Estetik, Anti Aging Medicine serta Seksolog, dr. Haekal Anshari menjelaskan bawah semua jenis ikan baik untuk dikonsumsi, mulai dari ikan air tawar hingga ikan air laut. Seluruh nutrisi yang terkandung dibutuhkan untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Nutrisi yang terdapat di dalam ikan yang mampu menjaga kesehatan kulit adalah protein dan omega-3. Protein berguna untuk menjaga elastisitas kulit wajah, sedangkan omega-3 berfungsi sebagai tabir surya bagi kulit untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

“Karena mampu menjadi pelindung sinar ultraviolet (UV) A dan B matahari serta menguatkan lapisan kulit,” ujar dr. Haekal.

Di dalam tubuh ikan juga mengandung vitamin A yang dapat meregenerasi kulit, mengecilkan pori-pori kulit, dan mencegah datangnya keriput. Selain vitamin A, ada juga vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan bagi kulit sehingga memperpanjang usia kulit, meningkatkan imunitas, dan menjaga sirkulasi darah pada kulit.

Kandungan lain yang juga bagus bagi tubuh adalah selenium. Kandungan tersebut mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV, sedangkan seng (Zn) bisa mengontrol produksi minyak di wajah. Kandungan yang tak kalah penting lainnya adalah magnesium yang dapat meningkatkan elastisitas kulit.

Baca Juga:  Jangan Terlalu Dangkal, Ini Kedalaman Kolam Nila yang Tepat

Jadi, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi ikan, mulai dari meningkatkan imun tubuh, meningkatkan kecerdasan otak anak, dan menjaga kecantikan kulit agar tetap terlihat segar.