Jaga Kondisi Kesehatan Ayam Petelur dengan Cara Ini

Pertanianku — Penyakit menjadi momok bagi para peternak karena bisa menurunkan hasil produksi hingga menyebabkan gagal panen. Penyakit tersebut bisa diatasi dengan cara pencegahan yang benar. Cara pencegahan yang paling efektif adalah menjaga kesehatan ayam petelur setiap hari.

kesehatan ayam petelur
foto: Pertanianku

Kesehatan ayam petelur bisa dijaga dengan menerapkan sanitasi yang benar, memberikan air minum, vitamin, pengebalan ternak, dan menerapkan biosekuriti. Berikut ini uraian lengkapnya.

Sanitasi

Sanitasi merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan yang selalu bersih. Lingkungan peternakan harus dijaga selalu bersih agar tidak ada kesempatan bagi bibit penyakit untuk berkembang. Kondisi litter di dalam kandang harus dibuat selalu kering. Segera ganti litter yang sudah lembap karena air hujan atau penumpukan kotoran.

Air minum

Kualitas air minum ternak bisa dilakukan dengan penambahan probiotik pada air minum. Penambahan tersebut bisa menjaga kondisi kesehatan tubuh ayam menjadi selalu prima sehingga produktivitas ayam dapat lebih meningkat.

Vitamin

Vitamin berguna sebagai asupan nutrisi tambahan untuk ayam sehingga kondisi kesehatan ayam bisa lebih baik. Vitamin juga bisa digunakan untuk mencegah ayam stres. Vitamin yang bisa diberikan adalah Topmix, Arsomix, Micromix 2000, Rhodimix 22, Rhodimix 273, Rhodimix CF3, dan Rodimix 784. Vitamin tersebut bisa diberikan dengan cara dicampur ke dalam pakan.

Biosekuriti

Kebersihan kandang menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi jika ayam ingin tetap sehat dan berproduksi dengan prima. Kebersihan bisa dilakukan dengan menerapkan biosekuriti yang ketat. Kandang yang akan digunakan harus disemprot dengan cairan desinfektan. Pekerja yang keluar masuk kandang juga harus disemprot.

Cairan desinfektan yang dapat digunakan adalah Istam, Istam 20, Primadine, Pristam, dan Prophyl.

Pemberian vaksin

Pemberian vaksin dapat membuat ternak menjadi lebih kebal terhadap berbagai jenis penyakit berbahaya dan mematikan. Pemberian vaksin harus dilakukan dengan benar dan teratur agar vaksin bisa bekerja secara efektif. Pemberian dilakukan sesuai dengan umur ayam dan sudah diberikan pada ayam mulai dari umur 1 hari hingga 40 minggu.

Baca Juga:  Dua Hal yang Harus Diperhatikan Saat Perkawinan Pertama Domba