Jagung Manis Kaya Gizi dan Sehat


Pertanianku – Rasa manis pada jagung manis disebabkan oleh kandungan gula yang tinggi pada endosperm. Selain rasanya yang manis dan enak, jagung manis juga bermanfaat bagi kesehatan karena kaya gizi, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk jagung rebus. Jagung manis mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan beberapa vitamin serta mineral.

Karakter Unggul Jagung Manis

Kandungan gizi jagung manis dapat dilihat di Tabel 1. Jagung manis juga baik bagi kesehatan karena memiliki indeks glikemik (IG) rendah. Jagung manis rebus dan tumis memiliki nilai indeks glikemik (IG) rendah, sedangkan jagung manis bakar memiliki indeks glikemik sedang. Tingginya nilai indeks glikemik jagung manis bakar dibandingkan dengan dua olahan lainnya disebabkan proses pengolahannya menggunakan panas yang cukup tinggi dan dalam waktu lama. Proses pengolahan seperti itu diperkirakan menyebabkan komponen karbohidrat pada jagung manis bakar lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh sehingga menyebabkan respon glikemik yang lebih tinggi.

Pemilihan pangan dengan nilai IG rendah bermanfaat untuk menjaga kestabilan gula darah. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit degeneratif, misalnya diabetes mellitus (DM). Selain DM, obesitas juga merupakan contoh penyakit yang terkait erat dengan IG. Makanan dengan IG rendah dapat dijadikan pilihan untuk menurunkan berat badan ataupun menjaga agar berat badan tetap ideal. Selain itu, pangan dengan nilai IG rendah juga direkomendasikan untuk mempertahankan kesehatan.

 

Sumber: Buku Jagung Manis

Baca Juga:  Buah Delima Simbol Cinta dan Kesuburan
loading...
loading...