Jagung Ungu Ampuh Atasi Diabetes dan Ginjal

Pertanianku – Jika umumnya jagung yang kita kenal ada dua macam, yaitu jagung biasa dan jagung manis, jagung yang satu ini warnanya ungu gelap kehitaman. Konon rasanya tidak berubah dari rasa jagung biasanya, hanya saja warnanya memang berbeda. Jagung ini bernama jagung ungu.

Jagung Ungu Ampuh Atasi Diabetes dan Ginjal

Jagung ungu, seperti dilansir oleh IndiaTimes adalah produk pengembangan makanan masa depan, yang bermanfaat besar bagi kesehatan. Jagung ini dapat menyembuhkan diabetes tipe 2 dan penyakit ginjal. Umumnya, diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Dengan pengonsumsian yang teratur, jagung ini akan membantu menyeimbangkan gula darah tubuh.

Loading...

Saat ini jagung ungu hanya tumbuh dan dikembangkan di daerah Peru dan Cili. Warna ungunya disebabkan oleh kandungan antosianin (sejenis flavonoid) yang juga merupakan zat antidiabetes.

Para peneliti dari departemen pangan dan nutrisi serta biokimia Universitas Hallym di Korea juga ikut serta meneliti jagung ungu. Pada jagung tersebut ditemukan sel dan molekul antosianin aktif. Hingga saat ini belum diketahui jelas dan mendalam soal pengaruhnya terhadap penanggulangan diabetes. Namun, apabila memang diyakini ini adalah obat baru untuk penyakit diabetes, para ilmuwan akan membantu pengembangannya.

Penelitian tentang hal ini disampaikan pada the American Journal of Physiology-Renal Physiology. Mari kita berharap bahwa apa yang ditemukan oleh para peneliti ini akan dapat membantu mengatasi penyakit diabetes tipe 2 dan ginjal untuk masa depan.

Baca Juga:  Khasiat Ginseng Jawa untuk Melancarkan ASI
Loading...
Loading...