Jalur Pemasaran Sayuran dan Ikan Hasil dari Pekarangan

Pertanianku — Hasil sayuran dan ikan yang Anda tanam dan budidayakan sendiri di pekarangan pada umumnya akan memiliki harga jual yang tinggi. Hal ini karena selama masa pemeliharaan mendapatkan nutrisi yang lebih baik dan organik. Oleh karena itu, perhatikan jalur pemasaran yang baik di bawah ini agar Anda mendapatkan keuntungan.

jalur pemasaran
foto: pixabay

Dijual langsung ke sekitar tempat tinggal

Jalur ini merupakan jalur pemasaran yang sangat mudah untuk Anda lakukan karena lingkup pemasaran yang kecil hanya seputaran tempat tinggal. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membagikan secara cuma-cuma hasil budidaya. Hal ini bertujuan untuk memikat hati para tetangga dengan hasil budidaya Anda.

Loading...

Lakukan juga edukasi terkait produk yang Anda hasilkan merupakan produk yang sehat dan organik. Produk Anda memiliki keunggulan kualitas yang sangat jauh dari produk tani yang dijual di pasaran. Hal ini karena selama proses perawatan, Anda menggunakan bahan-bahan alami sehingga sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman dan ikan.

Ketika calon pembeli sudah mengetahui rasa serta kelebihan dari produk, Anda dapat memberikan harga yang memang lebih mahal daripada produk sayuran biasanya. Selain menjual ke tetangga, Anda dapat menjualnya pada pedagang sayur sehingga Anda tidak perlu melakukan pemasaran. Tentunya, dengan langkah yang sama dengan mengedukasi tentang kelebihan produk Anda.

Pemasaran ke gerai modern

Jalur berikutnya yang dapat Anda gunakan dalam menyalurkan hasil sayuran organik dan ikan dari akuaponik adalah dengan menawarkan hasil panen ke gerai-gerai modern yang menjual sayur-mayur dan ikan segar.

Selain gerai, Anda dapat mencoba untuk menawarkan ke supermarket yang biasanya memiliki banyak pelanggan menengah ke atas. Saat melakukan penawaran, bawalah hasil panen yang akan dijadikan sampel sehingga pihak gerai atau supermarket dapat mempertimbangkan penawaran Anda.

Baca Juga:  Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Kolam Terpal

Jika penawaran telah berhasil, Anda harus menjaga kualitas dan kuantitas dari tanaman dan ikan. Sebab, tidak jarang jalur pemasaran dengan cara seperti ini dilakukan dengan perjanjian tertulis.

Memasarkan langsung melalui internet dan pameran atau bazar

Jalur selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan memasarkannya secara langsung dengan target konsumen yang lebih luas melalui internet seperti media sosial. Anda juga dapat melakukan pemasaran secara manual dengan mengikuti kegiatan bazar/car free day ataupun pasar kaget.

Loading...
Loading...