Jambu Air Kesuma, Jambu Air Unggul yang Sangat Manis

PertaniankuJambu air kesuma merupakan jambu air unggul yang dikembangkan di Binjai, Sumatera Utara. Jambu air ini terbilang istimewa karena kualitas buah yang dihasilkan. Umumnya, kadar kemanisan jambu air sekitar 7—9° briks, sedangkan kadar kemanisan jambu air ini mencapai 14° briks.

jambu air kesuma
foto: Pixabay

Kadar kemanisan yang tinggi pada jambu air kesuma membuat harga jual buah ini menjadi tinggi. Rasanya yang sangat manis mampu mengundang perhatian masyarakat sehingga banyak yang mencarinya untuk mencicipi.

Selain sangat manis, daging buah jambur air kesuma padat, renyah, dan nyaris tidak berongga alias tidak berbiji. Daging buah jambu air kesuma berwarna kehijauan. Buahnya berbentuk seperti lonceng, kadang berlekuk atau berpinggang. Ukuran buahnya terbilang besar meski tanamannya tidak genjah seperti jambu air madu deli hijau. Berat per buahnya dapat mencapai 200—250 gram.

Satu tanaman jambu air kesuma mampu menghasilkan buah sebanyak 200—360 butir/pohon/tahun. Jambu air ini dapat berbuah sepanjang tahun, tetapi waktu panen raya jatuh pada September hingga Oktober.

Keunggulan lain yang dimiliki kesuma adalah jumlah persentase bagian yang dapat dimakan sangat tinggi, mencapai 95—98 persen. Buah dapat bertahan selama 5—7 hari setelah panen apabila disimpan pada suhu 28—30°C.

Tanaman jambu air ini dapat beradaptasi dengan baik di dataran rendah hingga menengah dengan ketinggian 0—500 m dpl. Satu pohon jambu air kesuma dapat menghasilkan buah sebanyak 25—35 kg saat tanaman sudah berumur 2,5 tahun. Tanaman yang berasal dari bibit okulasi sudah bisa berbuah setelah berumur 2 tahun.

Anda bisa menjadikan jambu air kesuma sebagai tanaman buah dalam pot (tabulampot). Namun, daun tanaman rentan diserang oleh kepik.

Tanaman jambu air ini memiliki daun berwarna hijau tua di bagian atas dan hijau muda di bagian bawah. Daun tanaman berbentuk memanjang sepanjang 20—23 cm, lebar bagian pangkalnya mencapai 6,5—7,0 cm, lebar bagian tengah 9—10 cm, dan lebar bagian ujungnya mencapai 7—8 cm. Bunga tanaman berbentuk seperti mangkok atau tabungan. Tingginya sekitar 8—12 cm berdiameter 5—7 cm.

Baca Juga:  Kementan Dukung Lido World Garden sebagai Agro Eduwisata Terbesar di Asia Tenggara