Jambu Air Madu Deli, Jambu Air Manis yang Bagus Ditanam di Pekarangan

    Pertanianku — Jambu air merupakan tanaman buah yang bisa ditanam di dataran rendah beriklim tropis basah. Salah satu varietas jambu air yang bagus untuk ditanam di pekarangan adalah jambu air madu deli yang berasal dari Binjai Sumatera Utara. Jenis jambu air ini dikenal juga dengan nama jambu madu deli hijau (MDH).

    jambu air madu deli
    foto: sampung.ponorogo.go.id/

    Sunardi, pemilik Pohon Induk Tunggal (PIT) jambu air varietas deli hijau, berasal dari Binjai, Provinsi Sumatera Utara. Varietas ini telah diregistrasi di BPSBTPH Provinsi Sumut dengan Nomor : Ja.a/SU/11-68/BJ/2012, serta telah didaftarkan ke Menteri Pertanian dengan SK Menteri Pertanian Nomor 047/Kpts/SR.120/D.2.7/5/2013.

    Jambu air ini memiliki kelebihan berupa buahnya yang terasa manis menyegarkan. Buah jambu air ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi pada musim kemarau untuk melepas dahaga. Tak heran, pada musim kemarau permintaan buah ini mengalami peningkatan.

    Di Indonesia ada beberapa jenis jambu air madu deli yang bisa Anda jumpai. Selain madu deli hijau (MDH), ada pula jambu air madu deli merah yang memiliki buah berwarna merah ketika sudah matang.

    Pohon jambu ini juga memiliki buah yang berukuran lebih besar dibanding jenis buah jambu air lainnya.

    Jambu air jenis ini memiliki daging buah yang tebal, kadar air yang tinggi, dan daging buahnya bertekstur renyah. Untuk buah yang berwarna merah, rasa buah terasa sangat manis dan juicy. Rasa manis pada jambu air ini seperti rasa madu yang lezat.

    Anda bisa menanam pohon jambu tersebut di dalam pot atau tabulampot yang digunakan untuk menghias pekarangan rumah. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh buah ini adalah mudah ditanam. Ada banyak pembudidaya yang sudah berhasil menumbuhkan jambu air ini di pekarangan rumah mereka dalam waktu yang singkat.

    Budidaya jambu air madu deli tidak membutuhkan perawatan khusus dan biaya yang mahal. Anda hanya perlu rutin menyiram, menyiangi, dan memupuk tanaman agar dapat tumbuh dan berbuah dengan optimal.

    Sosok pohon jambu air madu deli yang ditanam di lahan pekarangan bisa berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari dan debu. Sementara itu, tanaman yang ditanam di dalam pot bisa berfungsi sebagai tanaman hias yang menghasilkan buah.

    Ada banyak khasiat yang bisa diberikan dari buah jambu air ini, seperti membersihkan racun pada hati, menghambat penuaan dini, mencegah cacar, menurunkan kolesterol, dan lain-lain. Dengan begitu, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menanam tanaman buah ini di pekarangan.

    Untuk bertanam jambu air madu deli, Anda bisa mendapatkan bibit jambu air madu deli unggul di Toko Trubus. Selain bibit, Toko Trubus juga menyediakan berbagai kebutuhan berkebun di pekarangan seperti media tanam, pot, pupuk, pestisida, dan perlengkapan lainnya. Segera hubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau kunjungi langsung Toko Trubus terdekat di kota Anda.


    loading...