Jambu Biji, Buah Kaya Anti-oksidan yang Mudah Ditemui

    PertaniankuJambu biji sangat mudah ditemui karena buah ini bisa berbuah sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Selain itu, harga buah ini terbilang cukup murah karena banyak yang membudidayakannya. Namun jangan salah sangka, buah yang mudah dijumpai ini ternyata sangat berkhasiat untuk meningkatkan kadar anti-oksidan di dalam tubuh.

    jambu biji
    foto: pixabay

    Jambu biji berasal dari kawasan tropis Amerika. Buah ini berbentuk seperti bola, bujur telur seperti pir, dan mengandung banyak biji di bagian tengah buah. Buah yang sudah masak akan terasa sangat manis dan lembut. Sementara, buah yang masih menuju masak akan terasa sedikit manis, tapi bertekstur garing. Selain rasanya yang nikmat, aroma yang dikeluarkan oleh buah yang sudah masak sangat harum.

    Buah yang menuju masak lebih disukai untuk dikonsumsi mentah dan buah yang sudah masak lebih nikmat untuk dibuat jus.

    Loading...

    Setiap 100 gram buah mengandung 83,3 air, 6,8 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,4 gram lemak, 3,8 gram serat, 337 mg vitamin C, dan 0,1—0,8 mg pectin. Jambu biji memang salah satu buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C-nya akan semakin tinggi saat buah sudah masak tapi kulit buahnya masih berwarna hijau. Kadar vitamin C akan semakn menurun saat buah sudah masak.

    Faktanya, kandungan vitamin C buah jambu biji lebih tinggi dua kali lipat dari buah jeruk yang selama ini terkenal kaya vitamin C.

    Buah ini memiliki fungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan pectin dalam buah berbentuk serat yang larut dalam air. Adanya pectin tersebut dapat berfungsi untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

    Baca Juga:  Apa itu Sedimen?

    Kandungan likopen dalam buah ini dapat berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang masuk ke tubuh dan mencegah munculnya penyakit kanker di dalam tubuh. Masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah murah nan lezat ini.

    Jambu ini juga berkhasiat untuk mendongkrak jumlah sel darah putih di dalam tubuh yang bisa berperan menjadi antibodi di dalam tubuh untuk melawan virus.

    Jika Anda berminat untuk menanam jambu biji di pekarangan, Anda dapat memulainya dengan membaca informasi tepercaya melalui buku Bertanam Jambu Biji di Pekarangan terbitan Penebar Swadaya. Buku ini menguraikan segala sesuatu tentang jambu biji. Mulai dari penyebarannya di dunia dan Indonesia, varietas-varietas unggulan, cara perawatan, panen, hingga hama dan penyakit yang menyerang tanaman jambu biji.

     

     

     

     

     

    Loading...
    Loading...