Jambu Dalhari, Jambu Manis Bertekstur Renyah

Pertanianku Jambu dalhari atau Syzygium samarangense merupakan buah berwarna merah dengan rasa manis, berdaging buah tebal, dan bertekstur sangat renyah. Dalhari termasuk varietas jambu air unggul di Indonesia yang berasal dari Yogyakarta.

jambu dalhari
foto: Pixabay

Salah satu keunggulan dalhari adalah warna merahnya yang sangat menarik. Selain itu, jenis jambu air ini jarang ditemukan berbiji, berbeda dari jenis jambu air kebanyakan yang sering berbiji.

Jambu dalhari terbilang tanaman yang genjah atau mudah berbuah dan mampu tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Tanaman dapat tumbuh subur hingga di ketinggian 700 m dpl. Dalhari sudah bisa belajar berbuah setelah berumur 3—5 tahun dari penanaman. Perawatan tanaman jambu air unggulan ini sama seperti perawatan tanaman jambu air lainnya.

Dalhari termasuk tanaman yang rajin berbuah, bahkan tanaman ini tidak mengenal musim. Buah yang dihasilkan berukuran 5—8 cm dengan berat sekitar 60—150 gram. Selain warnanya yang menarik, dalhari juga terkenal memiliki tekstur buah yang padat dan bercita rasa manis serta segar.

Setiap musimnya, tanaman jambu air dalhari mampu menghasilkan buah sebanyak 100—200 kg. Daun tanaman jambu air ini berwarna hijau dengan batang berwarna kecokelatan. Semakin tua tanaman, dapat menghasilkan buah sebanyak 500 kg setiap musimnya. Panen raya umumnya terjadi pada Juli hingga September.

Jambu air ini sangat menyukai pasokan air yang cukup dan tidak berlebihan. Saat musim hujan, Anda harus mengantisipasi genangan air yang dapat menyebabkan penurunan kualitas buah, terutama pada cita rasa dan ketahanan buah.

Selain itu, Anda harus memastikan tanaman tidak ternaungi sehingga sinar matahari tidak bisa langsung mengenai tanaman.

Anda bisa menanam jambu air yang manis dan bertekstur renyah ini di dalam pot/drum atau di lahan. Penanaman di lahan dapat dilakukan dengan jarak antartanaman sekitar 5 × 5 meter.

Baca Juga:  Hama Tanaman Nanas yang Perlu Diwaspadai

Untuk penanaman di dalam pot, Anda perlu mengatur media tanam, pupuk, dan penyiramannya. Dengan begitu, tabulampot jambu dalhari dapat menghasilkan buah dengan warna yang lebih menarik, tidak berbeda dengan tanaman yang ditanam di lahan.