Jambu Kristal, Si Jernih yang Menyehatkan dan Menguntungkan


Pertanianku – Jambu biji kristal adalah salah satu tanaman buah yang sudah dikenal masyarakat. Jambu biji ini sekarang lebih dikenal dengan sebutan jambu kristal. Jambu kristal yang dikenal tidak berbiji sebetulnya tidak benar-benar tidak berbiji, tetapi jumlah bijinya memang sangat sedikit dari bagian buahnya. Jambu kristal merupakan varietas yang kini banyak dibudidayakan di wilayah Pulau Jawa. Seperti yang sudah disebutkan tadi, bentuk jambu kristal ini adalah jambu biji, tetapi bedanya daging buah jambu kristal hampir tanpa biji. Jambu kristal berbentuk bulat atau agak lonjong dengan dasar bergelombang, tergantung varietasnya. Jambu kristal berwarna hijau muda terang hingga hijau. Daging buahnya berwarna putih bersih, sangat tebal, renyah, dan sedikit lunak jika sudah masuk masa kematangan buah. Ciri khas daging buahnya lembut, renyah, dan manis.

485A2362

Jambu kristal mengandung banyak nutrisi. Beberapa zat yang terkandung dalam jambu kristal di antaranya vitamin A dan C, asam lemak tak jenuh serta serat pangan, juga mengandung Omega 3 dan 6 yang sangat tinggi. Hal yang istimewa dari jambu kristal ini adalah kandungan vitamin C yang terdapat di dalam dirinya sebesar 8 kali lipat lebih banyak dari buah lemon dan 5 kali lipat lebih banyak dari jeruk biasa. Tidak hanya buahnya, daun dan kulit jambu kristal berguna untuk mengatasi penyakit. Untuk penerapannya bagi kesehatan tubuh dan mengobati penyakit, jambu kristal dapat dikonsumsi secara langsung, dijadikan minuman sehat, dan lain-lain. Beberapa masalah tubuh dan penyakit yang dapat diatasi dengan jambu kristal di antaranya mengatasi diare, mencegah sulit buang air besar atausembelit karena kandungan vitamin C di dalamnya, menjaga kesehatan kulit, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai zat antioksidan, memberikan energi bagi tubuh, mengobati sariawan, mencegah anemia, baik untuk kesehatan mata dan kesehatan tulang serta dapat mencegah infeksi dan virus.

Baca Juga:  Tips Mudah Budidaya Tomat Organik

Bagi Anda yang ingin membudidayakan jambu kristal, caranya hampir sama dengan tanaman buah lain. Dan beruntungnya, budidaya jambu kristal ini tidak perlu lahan yang luas. Anda dapat memanfaatkan sisa lahan yang ada di sekitar rumah atau dengan sistem tabulampot (tanam buah dalam pot). Bagi Anda yang gemar menanam buah dalam pot sangat cocok untuk mencoba budidaya jambu biji kristal dalam pot. Karena untuk merawat tanaman jambu kristal, Anda tidak terlalu membutuhkan perawatan ekstra, tetapi tetap harus teratur.

Apabila dalam membudidayakan tanaman jambu kristal Anda ingin mendapatkan hal ekonomisnya, Anda dapat menanam jambu kristal ini dengan sistem tabulampot. Selain lebih praktis dan enak dilihat karena simpel, nilai pemasukan bagi Anda yang berniat berdagang jambu kristal ini akan mendapat nilai jual lebih saat pohon sedang berbuah. Selain itu, Anda juga dapat membudidayakan jambu kristal yang masih berupa bibit cangkok. Anda bisa memetik hasil dari penjualan bibit cangkok yang Anda tanam di sisa halaman rumah dan tabulampot. Hal itu mempermudah Anda membuat bibit cangkok dengan harga sangat terjangkau, sehingga Anda dapat meraih keuntungan berlipat dari hasil buah dan bibit.

Tentu saja, dibalik pertumbuhan dan hasil jambu kristal yang baik Anda harus merawatnya dengan baik. Diperlukan pupuk kompos atau pupuk kandang selain pupuk buatan pabrik untuk membantu pertumbuhan jambu kristal. Lakukan dengan cermat dan tepat, Anda dapat meraih keuntungan dan juga sehat. Selamat mencoba!

loading...
loading...