Jambu Semarang yang Tak Kalah Menggoda

Pertanianku — Salah satu jenis jambu yang tak kalah menggoda untuk diperhitungkan adalah jambu semarang. Jambu ini sendiri merupakan buah yang berasal dari daerah Indonesia dan Malaysia. Jika dilihat sekilas, penampakan pohon dan buah jambu semarang tidak jauh berbeda dengan jambu air kebanyakan.

buah jambu semarang
Foto: instagram aladinbrownies

Perbedaan yang paling mencolok antara jambu semarang dan jambu air biasa adalah ukurannya. Jambu semarang memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Tanaman jambu ini bisa ditemui di berbagai negara seperti India, Bangladesh, Cina, hingga kepulauan di Samudera Pasifik. Kini, tanaman ini juga dibudidayakan di daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Loading...

Dilihat dari bentuk pohonnya, pohon jambu semarang umumnya merupakan pohon perdu. Tingginya hanya berkisar 5—15 meter. Batang pohon jambu semarang tidak lurus, tetapi bengkok dengan banyak cabang rendah. Kadang-kadang, gemangnya (batang kayu) mencapai 50 cm.

Daun pohon jambu semarang merupakan daun tunggal yang terletak berhadapan. Daun ini bertangkai pendek dan menebal. Helaian daun berbentuk jorong. Daun ini berbintik tembus cahaya, serta dapat berbau apabila diremas.

Bunga jambu mawar terdapat pada malai yang berada di ujung ranting atau di ketiak daun yang sudah gugur. Satu malai bunga bisa berisi 3 hingga 30 kuntum. Bunga ini berwarna kuning keputihan dengan banyak benang sari yang mudah berguguran.

Tabung kelopak bunga memiliki panjang sekitar 1,5 cm dengan bagian ujung sedikit menggendut. Daun mahkotanya berwarna kuning putih, berbentuk bundar sampai sudip. Panjang benang sari dan putik sendiri bisa mencapai 3 cm.

Buah jambu semarang memiliki bentuk seperti lonceng pada buah pir yang melebar. Ia memiliki lekuk atau alur-alur dangkal membujur di sisinya. Buah memiliki mahkota kelopak yang melengkung berdaging.

Baca Juga:  Jus Buah yang Aman Dinikmati Penderita Diabetes

Bagian luar buah tampak mengilat seperti lapisan lilin. Warnanya merah kehijauan atau merah-hijau kecokelatan. Jika Anda memakannya, tampak daging buah yang berwarna putih.

Daging buah jambu semarang banyak mengandung air. Bagian dalamnya tampak seperti spons. Ia juga memiliki bau yang cukup tajam. Rasa buah ini manis atau asam-manis.

Buah jambu semarang bisa langsung dimakan seperti buah kebanyakan. Olahannya sendiri bisa berupa rujak, setup, atau asinan. Selain buahnya, tanaman jambu semarang juga dimanfaatkan kayunya karena keras dan kemerahan. Kayu seperti ini baik digunakan untuk bahan bangunan.

Jika tertarik mendalami budidaya jambu mawar, Anda harus waspada karena tanaman ini rentan terserang ulat lalat buah. Telur lalat ataupun ulatnya sering kali ditemukan pada buah yang tidak dilindungi.

Loading...
Loading...