Jamu Ternak Ampuh Dongkrak Bobot Hewan Ternak

Pertanianku — Hewan ternak merupakan hewan yang dipelihara untuk menghasilkan keuntungan. Banyak cara meningkatkan bobot hewan ternak sehingga menghasilkan keuntungan yang berlipat. Namun, sudahkah Anda gunakan cara alami dengan jamu ternak yang sudah terbukti mampu mendongkrak bobot hewan.

jamu ternak
foto: pixabay

Peternak di daerah Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memberikan asupan jamu yang diraciknya sendiri sebanyak dua kali dalam sepekan untuk 200 ekor kambing dan domba serta enam ekor sapi. Mistar Arifin, seorang peternak yang berhasil mendongkrak bobot kambing potongnya menjadi 4—5 kg per bulan yang semula hanya 2—3 kg per bulan.

Jamu untuk menaikkan bobot pada dasarnya terdiri atas dua bahan utama, yaitu kunyit (Curcuma domestica) dan jahe (Xingiber officinale). Berikut resep yang dapat Anda ikuti dan buat sendiri.

Loading...

Bahan-bahan:

  • Rimpang kunyit 10 kg
  • Rimpang jahe 2,5 kg
  • Gula merah atau molase 5 kg
  • Asam jawa 0,5 kg
  • Mikroorganisme 250 ml
  • Air bersih 100 liter

Cara membuat:

  1. Cuci bersih kunyit dan jahe, lalu haluskan kunyit dan jahe menggunakan blender atau parut.
  2. Pisahkan asam jawa dari bijinya, kemudian blender.
  3. Campur bahan nomor 1 dan 2 ke dalam ember, tambahkan gula jawa atau molase yang telah dicairkan lalu saring.
  4. Campurkan hasil saringan dengan air dan mikroorganisme ke dalam satu drum atau jerigen.
  5. Tutup rapat agar wadah menjadi hampa udara dan biarkan jamu terfermentasi selama 1—2 minggu.

Selain untuk menaikkan bobot tubuh hewan ternak, jamu berguna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga hewan ternak tidak mudah terserang penyakit. Jamu pun berguna untuk menghangatkan tubuh ternak, menambah nafsu makan, dan mengurangi risiko serangan penyakit kembung. Khasiat jamu juga mampu mengurangi bau dari kotoran hewan karena sistem pencernaan berjalan dengan baik.

Baca Juga:  Cara Mengobati dan Mencegah Kambing Mencret

Jamu dapat diberikan kepada kambing sebanyak dua kali dalam satu pekan melalui air minum dengan dosis 10 ml dan dicampur dengan air bersih sebanyak 1 liter. Pemberian jamu juga dapat dilakukan dengan cara dicekok. Dosis yang dapat diberikan sebanyak 10 ml untuk kambing dewasa dan 5 ml untuk kambing remaja.

Selain untuk kambing, jamu ini dapat diberikan untuk hewan ternak lain seperti domba dan sapi dengan dosis yang hampir sama dengan kambing. Sementara, untuk sapi dosis pemberian sebanyak 220 ml dan diberi secara bertahap sebanyak lima kali sehari.

Loading...
Loading...