Jangan Asal Memberikan Pakan Hijauan pada Kelinci, Simak Tipsnya

Pertanianku — Hijauan merupakan pakan utama bagi kelinci yang lazim diberikan peternak secara tradisional. Ada banyak jenis pakan hijauan yang dapat diberikan pada kelinci, seperti sawi, wortel, daun kacang tanah, daun dan batang jagung, daun pepaya, daun talas, serta rumput lapangan. Namun, tahukah Anda ada beberapa trik khusus saat memberikan pakan hijauan kelinci agar pakan tersebut dapat bekerja secara optimal, simak ulasannya!

pakan hijauan kelinci
foto: Pertanianku

Jenis hijauan yang paling bagus

Di antara deretan jenis hijauan yang dapat diberikan pada kelinci, ada beberapa pakan hijauan yang dianggap paling bagus, yaitu rumput timothy. Timothy merupakan jenis urmput lapangan yang memiliki ‘ekor kucing’ pada bagian atasnya. Di dalam rumput timothy terkandung lemak yang relatif rendah kurang dari 1 persen sehingga jenis hijauan ini tidak akan menimbulkan masalah pada sistem pencernaan kelinci.

Jenis hijauan yang tidak bagus untuk kelinci

Sebaiknya, hindari pakan ilalang atau rumput kalanjana karena kandungan serat di dalamnya tajam dan bisa melukai lambung anak kelinci. Jangan berikan rumput yang tumbuh di sekitar tanaman hias. Hal ini karena biasanya tanaman hias sering disemprot dengan obat-obatan. Tentunya, kegiatan penyemprotan obat-obatan tersebut dapat menyebabkan rumput yang berada di sekitar tanaman berbahaya untuk dikonsumsi oleh kelinci.

Perhatikan tempat pengambilan hijauan

Anda harus memerhatikan asal-usul hijauan tersebut. Sebaiknya, gunakan rumput atau hijauan yang diambil dari daerah persawahan karena hijauan tersebut mengandung nutrisi yang relatif tinggi.

Jika menggunakan rumput lapangan, sebaiknya perhatikan kondisi lapangan tersebut dan pastikan lapangan tersebut terbebas dari tumpukan sampah. Pasalnya, daerah yang terdapat tumpukan sampah biasanya mengandung bakteri mikrobia patogen, cacing, dan kotoran atau residu kimia yang berasal dari sampah tersebut. Akibatnya, kondisi rumput di daerah tersebut tidak bagus untuk kelinci karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kelinci.

Baca Juga:  Langkah-langkah Merawat Kelinci yang Sedang Sakit

Waktu pengambilan rumput yang tepat

Tahukah Anda waktu pengambilan rumput dapat memengaruhi kualitas rumput yang akan didapatkan. Pengambilan rumput sebaiknya tidak dilakukan pada pagi hari sebelum pukul 11:00 karena rumput masih dipenuhi oleh embun. Rumput yang masih berembun harus dilayukan atau dikeringkan terlebih dahulu. Apabila rumput tersebut langsung diberikan pada kelinci, kelinci akan mudah terserang kembung dan diare.

Layukan hijauan

Hijauan sebaikya tidak diberikan dalam kondisi segar agar kadar airnya tidak terlalu tinggi. Selain itu, proses pelayuan dapat berguna untuk memperkaya kadar serat kasar dan menghilangkan getah serta racun yang berbahaya bagi kelinci.