Jangan Berlebihan Saat Memberikan Pakan Ikan Nila

Pertanianku — Pakan merupakan aspek penting dalam proses budidaya semua jenis ikan, termasuk ikan nila. Ikan mendapatkan nutrisi dari pakan yang diberikan oleh pembudidaya untuk tumbuh dan berkembang biak. Ada banyak jenis bahan pakan yang bisa dikonsumsi oleh ikan nila, semua jenis pakan ikan nila tersebut sama-sama berfungsi memenuhi kebutuhan gizi ikan.

pakan ikan nila
foto: pertanianku

Meskipun terlihat baik, manajemen pakan harus dijalankan dengan benar agar tidak terjadi ketidakefisienan fungsi pakan yang diberikan. Hal tersebut cenderung akan menyebabkan dampak negatif, seperti biaya produksi yang membengkak dan kolam menjadi kotor.

Pakan yang diberikan untuk ikan tidak semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh ikan yang dipelihara. Pakan-pakan yang tidak dimanfaatkan akan menyebabkan pemborosan yang sebenarnya bisa diminimalisir. Hal tersebut menyebabkan biaya produksi menjadi tinggi, padahal pertumbuhan ikan tetap, tidak ada perkembangan yang siginifikan.

Loading...

Jumlah pakan yang baik selama proses budidaya adalah sebanyak 3 persen dari bobot tubuh. Besaran jumlah tersebut didapatkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli perikanan.

Misalnya, di dalam kolam terdapat 10.000 ekor ikan dan berat setiap ekornya sebesar 10 gram. Pakan yang dibutuhkan untuk memenuhi seluruh kebutuhan ikan yang ada di kolam sebanyak 3 kg. Jumlah kebutuhan ikan akan semakin bertambah seiring dengan perkembangan ikan.

Untuk menentukan jumlah pakan yang dibutuhkan, Anda perlu melakukan sampling atau mengambil beberapa contoh/sampel ikan untuk ditimbang dan dicatat. Berat ikan sampling tersebut akan mewakili berat seluruh ikan yang ada di kolam. Selanjutnya, kalikan berat satu ekor ikan dengan total jumlah ikan yang ada di kolam dan kalikan dengan 3 persen untuk mengetahui jumlah pakan yang harus diberikan dalam sehari.

Baca Juga:  Budidaya Udang Vaname di Lahan Sempit dengan Teknologi Microbubble

Untuk mencegah pemborosan pakan, Anda bisa memberikan pakan dengan cara adlibitum atau diberikan pada saat ikan sudah lapar dan berhenti saat ikan sudah kenyang.

Anda bisa mengidentifikasi ikan yang masih lapar dari tingkah lakunya, terutama untuk ikan yang langsung menghampiri ketika Anda membawa pakan. Ikan-ikan tersebut akan langsung menyambut Anda. Jika sudah kenyang, ikan akan pergi meninggalkan Anda.

Anda bisa dengan mudah mengetahui jumlah ikan yang berada di dalam kolam dan bisa dipanen dari jumlah pakan yang habis dalam sehari.

 

Loading...
Loading...