Jangan Buang Kulit Saat Mengonsumsi Buah, Ini Dia Manfaatnya

0

Pertanianku – Banyak orang yang memilih untuk membuang bagian kulit buah dan sayur ketika ingin mengonsumsinya. Salah satunya, kulit buah apel mengandung banyak nutrisi sehat yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Sebenarnya, Anda tak perlu repot-repot mengupas kulitnya karena di situlah letak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ahli gizi di New York City, Carolyn Brown mengatakan, kulit buah dan sayur kaya akan anti-oksidan, vitamin, dan serat yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit serta menjaga tubuh tetap bugar.

“Sekitar sepertiga dari vitamin C, vitamin A, dan potasium pada apel justru terletak pada kulitnya. Hal yang sama juga berlaku pada kentang. Sehingga inilah alasan mengapa Anda tak perlu mengupas kulit buah dan sayur,” kata Brown, seperti dilansir Menshealth.

Selain vitamin, kulit kentang juga mengandung kalsium dan zat besi. Bahkan, serat pada kulit kentang bisa mencapai 50 persen dibandingkan isinya.

“Saya sarankan Anda untuk makan kulit sekaligus isinya pada buah apel, pir, ketimun, wortel, terong, nektarin, persik, plum, kentang, dan ubi jalar,” ujar Brown.

Meski demikian Brown mengakui bahwa tak semua orang bisa menikmati rasa dan tekstur dari kulit buah dan sayuran seperti kentang. Tak perlu dipaksa jika Anda tak menyukai kulitnya. Brown hanya menegaskan mengonsumsi kulit sekaligus daging buah dapat memenuhi kelengkapan nutrisi yang Anda butuhkan.

loading...
loading...