Jangan Dibuang, Barang Bekas Ini Bisa Dijadikan Instalasi Vertikultur

Pertanianku — Barang bekas yang tidak terpakai masih bisa digunakan untuk menanam sayur dengan instalasi vertikultur. Sistem vertikultur membuat Anda bisa menanam pada lahan sempit dengan hasil yang maksimal. Anda bisa membuat instalasi vertikultur sesuai dengan kebutuhan, mulai dari panjang hingga lebarnya dari barang bekas. Berikut ini beberapa barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan untuk membuat instalasi vertikultur.

instalasi vertikultur
foto: pertanianku

Pipa PVC atau pipa paralon

Pipa ini sering ini sering didapatkan dari pembongkaran rumah tidak terpakai, apalagi jika terdapat beberapa bocoran. Pipa-pipa tersebut bisa dimodifikasi menjadi vertikultur yang menempel pada tembok atau wadah tanam yang berdiri tegak.

Loading...

Talang air

Sama seperti pipa PVC, talang air juga bisa digunakan untuk menanam sayuran. Talang air tersebut bisa disusun bertingkat untuk menghemat lahan. Selain itu, talang air yang tersusun rapi akan jauh lebih enak untuk dipandang. Talang air juga bisa dijadikan wadah tanam yang menempel pada dinding atau berdiri tegak.

Bambu

Bambu bisa menggantikan pipa PVC karena memiliki bentuk yang sama. Bambu sering kali ditemukan tidak terpakai setelah digunakan untuk pembangunan rumah. Bambu tersebut bisa disulap kembali menjadi instalasi vertikultur yang fungsional dan indah. Bambu sering disusun bertingkat untuk menghemat lahan dan mempercantik halaman.

Papan dan kayu

Papan dan kayu yang tidak terpakai masih bisa digunakan untuk membuat instalasi yang sederhana tetapi sangat berguna. Biasanya, instalasi yang dibuat seperti rak buku dengan setiap tingkatan rak agak miring membentuk huruf V agar mampu menampung media tanam untuk menanam sayuran.

Bekas wadah makanan

Banyak bekas wadah makanan yang masih bisa digunakan kembali untuk dijadikan wadah menanam, seperti wadah bekas es krim, kaleng biskuit, kaleng susu, gelas plastik bekas, botol plastik bekas, dan ember bekas. Jika Anda menggunakannya, bolongi terlebih dahulu bagian bawahnya sebagai jalan keluar air siraman.

Baca Juga:  Kelebihan Tabulampot Jambu Air Khiojok

Seluruh wadah tersebut bisa diatur menempel, menggantung, atau ditata pada rak. Pastikan wadah tersebut tersusun rapi agar indah dipandang. Jika menggunakan wadah transparan, sebaiknya cat wadah tersebut agar tidak mudah ditumbuhi lumut.

Loading...
Loading...