Jangan Dibuang, Biji Avokad Punya Banyak Manfaat

Pertanianku — Bagian yang paling sering dimanfaatkan dari buah avokad adalah daging buah. Sementara itu, bagian kulit dan bijinya lebih sering dibuang karena dinilai tidak bermanfaat. Padahal, biji avokad berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit.

biji avokad
foto: Pertanianku

Biji avokad memang merupakan bagian tanaman yang kerap digunakan sebagai obat herbal, sama seperti daging buah dan daun avokad. Pada bagian-bagian tersebut mengandung polifenol, tannin, vitamin (A, B, dan C), beta sitosterol, magnesium, kalium, mangan, lemak, dan karbohidrat.

Biji avokad bisa digunakan sebagai obat maag dengan cara diparut dan disaring sebelum diminum. Di dalam biji terkandung komponen aktif yang dapat menetralkan asam lambung yang tinggi.

Gigi berlubang yang sedang sakit bisa disembuhkan dengan biji buah. Cara penggunaannya cukup mudah. Biji hanya perlu dipotong kecil-kecil agar muat di dalam lubang gigi. Setelah itu, masukkan potongan tersebut dan diamkan selama beberapa saat.

Biji avokad juga berkhasiat sebagai antiradang, menghilangkan rasa sakit, menyembuhkan sariawan yang tumbuh di dalam mulut, mengatasi diabetes melitus, astringen, dan kencing manis. Ekstrak biji dapat digunakan untuk meredakan bengkak yang disebabkan oleh peradangan.

Penggunaan biji avokad sebagai obat herbal pada dasarnya aman jika dikonsumsi dengan menggunakan kadar dosis yang tepat dan tidak dipakai dalam jangka waktu panjang. Namun, agar lebih yakin dan pasti, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau herbalis agar menemukan formula obat herbal yang cocok.

Selain digunakan sebagai obat herbal, biji avokad juga berguna dalam industri tekstil sebagai pewarna alami yang tidak mudah luntur.

Avokad sendiri merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Masyarakat Indonesia sering mengonsumsinya dengan cara diblender hingga halus atau dimakan langsung. Sementara itu, di luar negeri buah ini lebih sering digunakan sebagai campuran salad atau isian sandwich.

Daun avokad yang terasa pahit dan kelat bersifat astringen. Daun avokad berkhasiat sebagai peluruh kencing (diuretik), melarutkan batu ginjal, dan bermanfaat menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:  Manfaat Talas untuk Kesehatan Tubuh