Jangan Dibuang! Jadikan Kepala Udang sebagai Camilan

Pertanianku — Saat mengolah udang, kepala udang sering kali tidak ikut diolah. Kepala udang menjadi bagian yang kurang disukai karena memiliki tekstur tajam yang menusuk bagian dalam mulut. Kini, Anda tak perlu membuang kepala udang karena ada resep praktis membuat camilan dari kepala udang.

kepala udang
Foto: pixabay

Sebenarnya, kepala udang memiliki rasa yang sangat gurih. Beberapa hidangan yang menggunakan kuah kaldu udang tetap memasukkan kepala udang sebagai salah satu bahan olahan. Kepala tidak dipisahkan dari daging udang agar rasanya lebih ‘nendang’.

Untuk membuat camilan dari kepala udang, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berikut. Siapkan 100 gram kepala udang atau kepala udang sisa olahan udang yang Anda buat. Siapkan juga jeruk nipis, garam, kunyit bubuk, dan tepung terigu serba guna.

Loading...

Langkah pembuatan camilan sederhana ini adalah dengan membersihkan kepala udang dari kotorannya. Kepala udang sangat rawan kotor. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah membersihkannya dengan air mengalir.

Potong bagian kumis udang. Kumis udang ini memiliki tekstur kasar yang dapat menusuk bagian dalam rongga mulut. Jika sudah, peras setengah jeruk nipis untuk 100 gram kepala udang. Jika kepala udang yang Anda miliki jumlahnya lebih banyak, Anda dapat menambahkan jeruk nipis.

Diamkan selama kurang lebih lima menit, kemudian buang air perasan jeruk nipis. Setelah itu, cuci dengan air mengalir agar tidak ada sisa air jeruk nipis. Air jeruk nipis ini berfungsi untuk menghilangkan bau amis udang yang biasa terdapat pada berbagai seafood.

Balur udang dengan 1 sendok teh kunyit bubuk dan ½ sendok teh garam. Marinasi udang selama kurang lebih 10 menit. Jika sudah, Anda bisa menaburinya dengan tepung bumbu hingga kepala udang terbalut sempurna.

Baca Juga:  Bukan Kedelai, Ini Bahan Baku Kecap Lainnya

Panaskan minyak dalam penggorengan. Goreng kepala udang hingga teksturnya renyah yang ditandai dengan warnanya berubah menjadi merah keemasan. Anda bisa menggoreng udang ini hingga benar-benar garing. Angkat dan tiriskan kepala udang goreng.

Kepala udang krispi ini dapat menjadi camilan alternatif keluarga Anda. Kepala udang memiliki kandungan protein yang baik bagi tubuh. Selain itu, Anda juga bisa memadukan kepala udang goreng krispi ini dengan nasi putih sebagai lauk.

Selamat bereksperimen!

Loading...
Loading...