Jangan Dibuang, Manfaat Biji Durian Menakjubkan Lho!


Pertanianku — Setelah menikmati daging buahnya yang legit, kebanyakan orang akan langsung membuang biji durian karena dianggap tidak berguna. Padahal, biji durian mengandung nutrisi yang tak kalah menakjubkan dibandingkan daging buahnya. Manfaat biji durian untuk kesehatan ternyata cukup menakjubkan lho.

Manfaat biji durian
Foto: Google Image

Dalam biji buah durian terkandung banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, karbohidrat, lemak, folat, protein, serat, energi, kalium, kalsium, tembaga, serta fosfor. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk mengabaikan biji durian. Beberapa manfaat sehat yang bisa kita dapatkan dari biji buah durian sebagai berikut.

1. Makanan sumber energi dan tenaga

Tidak hanya daging buahnya yang kaya akan energi, bijinya juga mengandung sari pati yang tinggi sehingga bisa membantu menyuplai kebutuhan energi tubuh.

2. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Biji buah durian mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mencegah dari risiko osteoporosis.

3. Menguatkan otot dan menjaga daya tahan tubuh

Kandungan protein dalam biji durian cukup tinggi sehingga bermanfaat menambah energi, menguatkan otot tubuh, dan menjaga daya tahan tubuh.

4. Penguat rasa

Biji durian memiliki aroma khas yang hampir mirip dengan daging buahnya sehingga kita bisa memanfatkannya sebagai penguat rasa untuk membuat es krim, manisan, dan lainnya.

Cara menikmati biji durian

Mungkin kebanyakan dari Anda masih belum tahu bagaimana cara memanfaatkan biji buah durian untuk dikonsumsi. Ternyata, kita bisa merebusnya langsung seperti ubi dan singkong, menjadikannya sebagai keripik. Bisa juga menjadikannya sebagai bubuk kopi atau tepung untuk bahan pembuatan kue, bubur dan lainnya.

Baca Juga:  Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

Meskipun mengandung manfaat yang cukup besar, jangan pernah mengonsumsi biji durian dalam kondisi mentah. Sebab, di dalamnya terdapat kandungan asam lemak siklopropena yang merupakan racun berbahaya bagi tubuh. Masak biji durian hingga benar-benar matang agar rasanya nikmat dan juga aman bagi kesehatan.