Jangan Dikonsumsi, Hindari Telur dengan Ciri-ciri Ini

    Pertanianku — Sebagai salah satu sumber protein dengan harga terjangkau, telur banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Cara pengolahannya yang mudah juga membuat telur banyak digemari dan menjadi lauk andalan. Jika Anda merupakan salah satu penggemar telur, sebaiknya Anda waspada jika meliihat ciri-ciri telur sudah menunjukkan hal seperti ini.

    Disimpan dalam waktu lama

    Telur mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Selain protein, dalam satu butir kuning telur juga dapat terkandung kalori dan lemak yang baik bagi pertumbuhan. Putih telur atau albumin merupakan protein yang baik bagi perkembangan sel tubuh.


    Loading...

    Sayangnya, kualitas telur akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Telur yang disimpan dalam suhu dingin tentu akan lebih awet daripada telur yang disimpan dalam suhu ruang. Dalam lemari pendingin, telur sebaiknya tidak disimpan lebih dari dua minggu karena telur biasanya hanya akan bertahan dalam jangka waktu tersebut.

    Berbau

    Anda sebaiknya mewaspadai telur yang Anda simpan jika sudah mulai berbau. Ciri ini adalah salah satu tanda bahwa telur yang Anda miliki sudah memasuki masa pembusukan. Bau busuk telur akan tercium keluar dari cangkang. Agar semakin yakin, Anda bisa memecahkan telur ke dalam wadah dan melihat penampakan dan baunya lebih jelas.

    Permukaan kulit

    Seusai Anda membeli telur dan mendapati permukaan cangkangnya tidak sempurna, segera teliti kesegaran telur tersebut. Telur yang baik cangkangnya tidak pecah, berlendir, bertepung, atau terdapat kotoran pada permukaannya.

    Adanya retakan dan kotoran pada permukaan telur menjadi indikasi bahwa telur tersebut rawan dengan kerusakan.

    Mengapung dalam air

    Salah satu penyebab telur dapat basi adalah masuknya udara melalui cangkang telur. Semakin lama penyimpanan, banyaknya udara dalam telur juga meningkat. Semakin banyak rongga udara yang terdapat dalam telur, telur akan semakin mudah diguncang.

    Siapkan air dalam wadah hingga batas yang dapat digunakan untuk merendam telur. Tenggelamkan telur satu per satu. Jika telur tenggelam dan bertumpu pada salah satu sisinya, itu pertanda bahwa telur masih segar.

    Jika telur mengapung atau miring ke atas, hal tersebut merupakan tanda bahwa telur sudah disimpan dalam waktu cukup lama. Sebaiknya, gunakan telur yang masih segar jika hendak dikonsumsi.

    Loading...
    Loading...