Jangan Khawatir! Begini Cara Mengatasi Lele yang Terserang Penyakit

Pertanianku — Terkadang saat mendapati ikan lele di dalam kolam terkena penyakit membuat pembudidaya khawatir, apalagi untuk pembudidaya pemula. Jika lele terserang penyakit, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memindahkannya ke kolam karantina yang sudah diisi air yang dicampur dengan obat.

lele terserang penyakit
foto: pertanianku

Air dalam kolam karantina harus diendapkan terlebih dahulu selama 24 jam. Hal tersebut berguna untuk mengurangi risiko ikan menjadi stres saat dipindahkan ke kolam.

Saat Anda sudah mengetahui ada ikan yang sakit, segera lakukan pengurasan air kolam secara total. Pindahkan ikan yang sakit ke kolam karantina yang sudah disiapkan sebelumnya.

Loading...

Kolam pemeliharaan yang sudah dikuras, langsung dibersihkan dengan cara direndam menggunakan kaporit/PK selama 2 hari untuk membunuh semua bibit penyakit.

Air di dalam kolam diturunkan sebanyak 5—7 cm atau hingga sepanjang tubuh lele. Tujuan dari pengurangan air di dalam kolam adalah agar ikan tidak terlalu banyak bergerak yang bisa membuang banyak tenaga.

Ukuran pakan yang digunakan juga diubah menjadi lebih kecil daripada ukuran pakan yang biasa diberikan, misalnya dari 781-2 menjadi FF999. Ikan yang sakit akan mengalami penurunan nafsu makan. Jika tetap dipaksakan dengan pakan biasa, kemungkinan ikan tidak akan mau makan dan akhirnya pakan hanya mengendap di dalam kolam. Pakan yang mengendap justru akan menjadi sumber masalah baru bagi ikan karena bisa menurunkan kualitas air kolam.

Oleh karena itu, frekuensi pemberian pakan pun harus dikurangi menjadi 1 kali sehari. Frekuensi pemberian yang sedikit akan sangat membantu untuk meminimalisir kualitas air kolam yang menurun.

Jika selera makan ikan sudah terlihat kembali normal, Anda baru bisa menaikkan frekuensi pemberian pakan menjadi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.

Baca Juga:  Kunci Sukses Budidaya Pembesaran Ikan Agar Untung Berlipat

Ketinggian air pun bisa dinaikkan secara bertahap, disesuaikan dengan kondisi kesehatan ikan. Biasanya prosedur untuk merawat ikan yang sakit akan berlangsung selama 5 hari berturut-turut. Anda hanya perlu sabar dan tekun dalam merawatnya agar ikan kembali pulih. Karena jika tidak ditangani dengan serius, lele yang terserang penyakit bisa mati.

 

 

 

Loading...
Loading...