Jangan Khawatir, Usaha Budidaya Tidak Harus di Lahan yang Luas


Pertanianku – Memulai bisnis tidak selalu harus dengan lahan yang luas. Penggunaan lahan luas biasanya terkendala dengan besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Alangkah baik jika memulai usaha dari tempat yang kecil dahulu seperti teras rumah. Kenapa? karena selain bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada, unsur pembelian lahan/ sewa lahan bisa ditiadakan. Keuntungan lainnya adalah kemudahan dalam pengontrolan karena bisa setiap waktu dilakukan sehingga risiko kegagalan usaha bisa diminimalkan. Seandainya lahan yang dimiliki hanya sekitar 2 m2, jenis usaha yang dipilih sebaiknya yang sederhana saja, misalnya bercocok tanam sayuran. Namun, jika lahan yang dimiliki lebih luas (minimal 10 m2), budi daya ikan mungkin bisa dijadikan pilihan usaha.

budidaya-ikan-lele-3-1024x768

Idealnya, hobi atau usaha yang digeluti dari rumah memang sebaiknya tidak perlu menyampingkan pekerjaan utama. Hanya saja, banyak di antara orang yang semula hanya menjadikan hobi mereka sebagai usaha sampingan pada akhirnya memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan utamanya dan fokus pada usaha tersebut. Hal ini tentu seiring dengan kemajuan usaha serta keuntungan yang menjanjikan.

Sebagian besar usaha yang berlatar belakang hobi memang biasanya tidak memerlukan biaya yang terlalu besar dan cenderung mudah dilakukan. Hal ini karena kebutuhannya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Kendati banyak usaha yang bisa dipilih, tetapi hal yang harus tetap diperhatikan adalah faktor kenyamanan lingkungan, baik bagi penghuni rumah sendiri atau tetangga di sekitar rumah. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengaturnya sedemikian rupa. Sebagai contoh, jika pilihan usaha pada beternak tikus putih maka pelaku usaha harus bisa mencegah bau yang dikeluarkan oleh tikus putih tersebut, salah satunya dengan menambahkan kipas angin (exhaust fan) di ruangan tersebut. Dengan demikian, sirkulasi udara menjadi lancar dan dapat mengeluarkan bau dari dalam ruangan. Cara lainnya bisa dengan menempatkan kandang tikus di tempat yang aksesnya lebih jauh dari lingkungan sekitar atau dengan memodifikasi bangunan pengisolasian/tertutup sehingga tidak mengganggu kenyamanan orang lain.

Baca Juga:  Serat Rumput Laut Berpotensi Jadi Bahan Baku Produksi Kertas

Jika ada lahan kosong atau ruang di dalam rumah yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat usaha maka rencanakanlah dengan matang terlebih dahulu. Tentukan jenis usaha yang akan dipilih dan sesuaikan dengan lahan/ruang yang tersedia.