Jangan Konsumsi Buah Ini Saat Sarapan, Mengapa?


Pertanianku – Mengonsumsi buah memang penting. Sebab, buah mengandung banyak vitamin dan juga mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Buah juga kaya akan serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Tak jarang, kita juga memakan buah di pagi hari karena kepraktisannya dan khasiatnya.

Foto: pixabay

Namun, tahukah Anda ada beberapa buah yang sebaiknya tidak dimakan pada pagi hari? Jika Anda mengonsumsinya, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah dengan lambung.

Yuk, kita lihat buah apa saja yang sebaiknya dihindari ketika sarapan.

Apel

Mengonsumsi apel saat sarapan sebaiknya dihindari hal ini karena apel dapat menimbulkan perut kembung, kandungan fruktosanya yang cukup tinggi membuatnya sulit untuk dicerna sehingga harus melalui proses fermentasi pada usus besar terlebih dahulu.

Jeruk

Mengonsumsi jeruk di pagi hari dapat mengakibatkan kram perut dan diare karena jeruk mengandung serat yang tinggi. Kelebihan vitamin C (lebih dari 2.000 mg per hari) akan membuat Anda mual, muntah, mulas, kembung, sakit kepala, hingga penyakit batu ginjal.

Menurut Laura Flores, ahli nutrisi dari San Diego, yang dikutip Livescience, jeruk termasuk buah yang memiliki tingkat keasaman cukup tinggi, dan hal ini dapat menimbulkan panas lambung. Jadi, jika Anda merasa mulas sehabis mengonsumsi jeruk di pagi hari, karena akan terjadi refluks asam lambung. Hal ini pula yang menyebabkan Anda menjadi mual.

Peach

Tahukah Anda bahwa persik juga mengandung sorbitol? Sorbitol sulit dicerna sehingga akan mengakibatkan produksi gas. Hal ini yang akan membuat perut Anda kembung. Sorbitol juga dapat meningkatkan ketergantungan terhadap pencahar jika dimakan berlebihan sehingga usus besar akan berhenti merespons stimulus sorbitol dan terjadi kerusakan otot.

Baca Juga:  Inilah Khasiat Tak terduga dari Jus Bayam

Mangga

Penyebab mangga tidak disarankan sebagai menu ketika sarapan karena buah ini memiliki kandungan fruktosa yang jauh lebih besar daripada glukosa.

Pasti Anda tidak menginginkan perut yang tak nyaman saat menjalani aktivitas ‘kan?

loading...
loading...