Jangan Lakukan Pengairan pada Tanaman Tomat Secara Sembarangan

Pertanianku — Air menjadi kebutuhan yang harus diberikan setiap hari, terutama saat musim kemarau agar tanaman tidak kekurangan air dan mati. Pengairan tanaman tomat yang dilakukan dengan benar dapat mendorong pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

pengairan tanaman tomat
foto: Pixabay

Pengairan tanaman tomat cukup penting ketika tanaman masih dalam masa pertumbuhan vegetatif. Pemberian air dapat menambah tinggi tanaman, jumlah cabang, luas daun, dan diameter batang.

Sementara itu, pada fase generatif dapat meningkatkan jumlah bunga dan buah, bobot buah, diameter buah, serta panjang buah.

Meskipun air sangat bermanfaat bagi kehidupan tanaman tomat, Anda tidak bisa memberikan secara sembarangan karena bisa berdampak langsung terhadap pertumbuhannya.

Tanaman tomat yang kekurangan air secara berkepanjangan pada fase vegetatif dapat menyebabkan pertumbuhan cabang dan daun terganggu. Daun tanaman akan berukuran kecil dan berwarna pucat. Sementara itu, tanaman yang kekurangan air pada fase generatif dapat mengalami kerontokan bunga, bakal buah, dan buah sehingga hasil produksi yang didapatkan berkurang.

Kejadian buruk juga bisa terjadi ketika tanaman tomat mengalami kelebihan air. Tanaman muda yang kelebihan air bisa mengalami pembusukan pada akar sehingga menyebabkan kematian tanaman di umur yang masih muda. Tanaman yang sedang berbunga dan berbuah dapat mengalami kerontokan jika kelebihan air.

Kelebihan air akan menyebabkan kondisi tanaman dan di sekitar tanaman menjadi lembap. Kondisi tersebut dapat memicu perkembangan pathogen tanaman yang disebabkan oleh cendawan dan bakteri. Akhirnya, tanaman jadi mudah sakit dan laju pertumbuhan serta tingkat produktivitas mengalami penurunan.

Pengairan tanaman tomat bisa dilakukan dengan gembor, irigasi tetes, sistem curah, atau sistem leb. Sistem leb bisa digunakan pada daerah yang sudah memiliki sistem irigasi teknis.

Baca Juga:  Cara Alami Mengendalikan Hama Terung

Ada juga teknik pengairan dengan sistem curah hujan yang dikenal sebagai sprinkle irrigation overheard irrigation. Pada sistem ini, air dipercikkan dengan mesin sehingga akan menyebar seperti hujan buatan.

Teknik pengairan tanaman tomat yang paling sederhana adalah dengan menggunakan gembor. Namun, teknik ini memerlukan banyak waktu dan tenaga apabila jumlah tanaman yang dimiliki cukup banyak.