Jangan Langsung Dibuang, Bagian Sayur Ini Bisa Ditanam Lagi Menjadi Tanaman

Pertanianku — Umumnya, tanaman diperbanyak melalui dua cara, yakni vegetatif dan generatif. Perbanyakan secara generatif menggunakan biji tanaman. Cara ini sering dilakukan untuk tanaman sayur musiman.

Tanam sayur
Foto: Pixabay

Tahukah Anda, ada beberapa jenis tanaman sayur yang dapat ditumbuhkan dari buahnya atau atau bagian yang sudah tidak terpakai. Namun, apabila tanaman ingin tumbuh dan bisa dipanen, Anda perlu mempersiapkan media tanam dan melakukan perawatan sesuai dengan kebutuhan tanaman sayur tersebut. Simak ulasannya di bawah ini!

Kentang

Umbi kentang yang Anda beli bisa ditanam kembali dengan cara memotong kentang menjadi beberapa bagian. Usahakan setiap bagian tersebut memiliki mata tunas. Setelah itu, tanam kentang dengan kedalaman sekitar 8 cm. Selanjutnya, akan muncul tanaman baru yang perlu dirawat dengan baik agar bisa dipanen. Kentang yang sudah dipanen, sebaiknya umbinya dikeringkan terlebih dahulu.

Jahe

Jahe sangat sering dijumpai dalam beberapa olahan masakan. Rimpang jahe bisa Anda tanam kembali menjadi tanaman baru. Caranya, rendam jahe di dalam air selama semalam. Setelah itu, tanam jahe di dalam tanah. Media tanam jahe diusahakan harus selalu lembap. Agar bisa dipanen, Anda perlu merawat tanaman jahe sesuai dengan aturannya.

Bawang merah

Gunakan bagian bonggol dan akar bawang, lalu benamkan bagian tersebut di dalam tanah yang lembap. Saat umbi baru sudah muncul, ambil dan pisahkan secara hati-hati dari bonggol induknya. Selanjutnya, tanam umbi baru tersebut di lahan yang sudah disediakan. Anda sudah bisa memanen hasilnya setelah dipelihara selama lima bulan.

Seledri, kol, pak choy, dan kubis

Bila mendapati sayuran seledri, kol, pak choy, atau kubis masih memiliki akar, Anda bisa menanamnya kembali menjadi tanaman baru. Caranya mudah. Rendam bagian bonggol tanaman yang berakar ke dalam air. Siram batang dengan air selama beberapa kali dalam seminggu. Setelah itu, akan muncul tunas baru. Saat tunas tersebut sudah muncul, tanam bonggol ke dalam media tanam, baik itu di pot maupun di lahan langsung.

Baca Juga:  Penggunaan Pestisida Tidak Boleh Sembarangan

Daun bawang

Sama seperti beberapa jenis sayuran tadi, bagian bonggol daun bawang yang masih berakar direndam ke dalam air. Air tersebut perlu diganti secara berkala. Setelah 3—5 hari, akan muncul daun baru. Panen sudah bisa dilakukan ketika tanaman sudah tumbuh.

Bawang putih

Gunakan umbi bawang putih yang masih utuh, lalu tanam ke media tanam. Benamkan umbi di tanah yang lembap dan terkena cahaya matahari. Umbi siap dipanen setelah 1/3 daunnya menguning.