Jangan Langsung Dibuang, Biji Nangka Bisa Jadi Obat Kulit

Pertanianku — Nangka (Artocarpus heterophyllus) merupakan buah yang terkenal memiliki aroma yang sangat menggoda dengan rasa manis dan tekstur yang empuk. Bagian yang paling diincar dari tanaman ini sudah pasti daging buahnya yang berwarna kuning. Daging nangka terbilang sedikit bergetah dan berlendir. Sementara itu, bagian biji nangka sering dibuang, tetapi tak jarang ada juga yang sering mengolahnya menjadi camilan.

biji nangka
foto: Pixabay

Biji nangka bisa dikonsumsi setelah Anda rebus dengan air dan bisa ditambahkan sedikit garam untuk menambahkan cita rasa. Setelah direbus, biji akan menjadi empuk. Anda bisa memakan bagian tengah biji yang berwarna putih.

Selain bisa dikonsumsi, tahukah Anda, biji nangka bisa menjadi obat. Biji berbentuk bulat panjang ini berkhasiat untuk mengatasi beberapa penyakit, seperti mencegah keriput, memperkuat imunitas tubuh, meningkatkan kesehatan tulang, dan mencegah kanker. Selain itu, biji nangka juga bisa mengatasi permasalahan kulit, seperti kutil dan kulit bernoda.

Berikut ini resep obat herbal dari biji nangka.

  • Tumbuk halus biji nangka, lalu kompreskan ke bagian kulit yang terkenal kutil secara rutin selama dua minggu.
  • Hancurkan biji menjadi pasta, kemudian campur dengan susu dan madu. Balurkan ramuan secara merata pada kulit yang bernoda. Diamkan ramuan tersebut hingga kering, lalu bilas dengan air bersih.

Sebelum menggunakannya sebagai obat herbal, Anda harus mengetahui biji nangka memberikan efek immunostimulatif. Oleh karena itu, seseorang yang sedang melakukan terapi imunosupresi atau seseorang yang memiliki jaringan yang dicangkok atau transplantasi harus berhati-hati ketika menggunakannya.

Selain itu, biji nangka juga dapat menghambat libido, gairah seksual, dan kinerja seksual pada laki-laki. Namun, biji ini tidak akan memengaruhi ejakulasi kompetensi atau kesuburan.

Baca Juga:  Keajaiban Bawang Putih Menumpas Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Buah nangka terkenal sebagai sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan kalium untuk mengatasi hipertensi. Selain itu, nangka juga berperan sebagai sumber vitamin C dan antioksidan, sumber vitamin B dan B-kompleks, serta mengandung vitamin B-6, niacin, riboflavin, dan asam folam. Nangka merupakan buah yang mengandung potassium, magnesium, mangan, dan besi.