Jangan Langsung Dibuang, Kulit Durian Punya Banyak Mafaat

Pertanianku — Durian merupakan buah yang memiliki aroma serta rasa yang khas. Salah satu yang menjadi ikon dari buah ini sudah pasti kulit durian yang dipenuhi oleh duri-duri tajam. Selain lezat, buah durian juga mengandung banyak nutrisi. Setiap 100 gram durian mengandung 67 gram air, 28,3 gram karbohidrat, 2,5 gram protein, 2,5 gram lemak, 1,4 gram serat, 6,3 gram fosfor, 601 mg kalium, 20 mg kalsium, 0,27 mg tiamin, dan 57 mg vitamin C.

kuliat durian
foto: Pertanianku

Bagian buah durian yang paling sering dimanfaatkan sudah tentu adalah daging buah yang creamy, legit, manis, dan sedikit pahit. Tak jarang, ada beberapa orang yang kerap memanfaatkan biji buah untuk diolah menjadi makanan.

Sementara itu, bagian kulit durian yang berduri sering berakhir sebagai sampah. Padahal, sebetulnya kulit durian masih bisa Anda manfaatkan kembali untuk beberapa kepentingan, simak ulasannya berikut ini.

Kayu bakar

Daripada berujung menjadi sampah dengan volume yang besar, mengingat kulit buah cukup tebal, sebaiknya Anda manfaatkan kembali kulit buah berduri ini menjadi pengganti kayu bakar. Caranya cukup mudah. Pertama-tama, jemur kulit hingga bersih. Setelah itu, kulit bisa langsung digunakan sebagai pengganti kayu bakar untuk mengasapkan ikan.

Melancarkan haid dan campuran pewarna tradisional

Kulit buah durian juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat untuk melancarkan haid dan bahan baku pewarna alami. Caranya, bakar kulit buah durian dan kumpulkan abu hasil bakaran tersebut. Abu kulit durian dapat digunakan untuk melancarkan haid dan sebagai campuran pewarna tradisional.

Mengusir nyamuk

Kulit durian yang Anda buang sebetulnya bisa dimanfaatkan menjadi pengusir nyamuk. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan kulit tersebut di sudut ruangan.

Baca Juga:  5 Cara Memberikan Pupuk untuk Tanaman

Mengusir bau

Terkadang, salah satu kendala setelah mengonsumsi durian adalah aroma durian yang masih melekat di tangan dan mulut. Aroma tersebut sukar hilang jika tidak dicuci dengan benar, bahkan bisa bertahan selama beberapa jam. Kondisi ini tentu saja bisa merugikan orang lain yang tidak menyukai aroma durian.

Aroma durian bisa Anda hilangkan dengan memanfaatkan kulit durian. Caranya, isi ceruk kulit buah bagian dalam tempat daging dan biji durian menempel dengan air, kemudian aduk air tersebut. Selanjutnya, gunakan air tadi untuk berkumur-kumur. Cara ini dinilai efektif untuk mengusir aroma durian yang pekat dari rongga mulut Anda.