Jangan Mengonsumsi Buah Semangka dengan Cara Ini!

Pertanianku — Semangka merupakan buah yang berasal dari daerah tropis dan subtropis Afrika. Buah ini sangat terkenal dengan kandungan airnya yang banyak sekitar 92 persen. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah sehingga bagus untuk orang diet mengonsumsi buah semangka. Namun, tahukah Anda bahwa semangka yang dikonsumsi dengan salah akan menimbulkan masalah.

mengonsumsi buah semangka
foto: pixabay

Buah-buahan pada dasarnya memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh termasuk semangka. Semangka mengandung vitamin A, vitamin B2, kalsium, magnesium, protein, kerbohidrat, besi, dan tentunya air.

Selain itu, buah ini juga mengandung asam aminu sitrulin, asam amino asetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betanin, likopen, beta karoten, bromin, aneka mineral, serat larut, dan gula alami seperti fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa.

Loading...

Semua kandungan yang terkandung dalam buah semangka membuat buah ini ampuh untuk mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit seperti jantung koroner, ginjal, antiradang, mengurasi risiko cacat lahir, menghilangkan haus, melancarkan dahak, demam tinggi, mulut kering, dan bahkan meningkatkan kesuburan pria.

Namun, dalam mengonsumsi buah semangka, juga harus memerhatikan beberapa hal berikut.

  1. Penderita lambung lemah tidak diperbolehkan mengonsumsi semangka terlalu banyak.
  2. Pria yang mengalami pembesaran prostat tidak diperbolehkan makan semangka sama sekali karena semangka akan memacu produksi urine akan semakin bertambah banyak, tetapi sulit untuk dikeluarkan.
  3. Semangka tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan gula aren karena kedua bahan ini akan membentuk senyawa racun. Racun ini akan menyerang pencernaan seseorang dan menimbulkan kejang-kejang dan diare yang dapat menyebabkan kematian.

Selain buahnya, kulit semangka juga memiliki kandungan yang berguna untuk tubuh manusia. Padahal, kulit buah yang tebal ini sering dibuang oleh orang-orang yang mengonsumsinya. Ada beberapa tips pemanfaatan beberapa bagian semangka selain buahnya, simak penjelasan berikut.

  1. Lapisan kulit semangka yang berwarna putih dapat diolah menjadi makanan yang lezat seperti dibuat kari, sup, dan digoreng. Selain itu, kulit putih ini juga dapat ditempelkan di kepala sebagai kompres penurun demam.
  2. Biji semangka dapat dijadikan kuaci dengan cara dikeringkan, dan dicampur garam sehingga memiliki cita rasa yang gurih.
  3. Daun pohon semangka direndam, lalu air rendaman tersebut dapat diminum menjadi obat malaria.
Baca Juga:  Pahami Cara Ini untuk Menanam Anggur di Pekarangan
Loading...
Loading...