Jangan Minum Jus Buah Setiap Hari, Ini Akibatnya!


Pertanianku Jus buah merupakan minuman yang menyegarkan dan dianggap sehat oleh sebagian besar orang. Namun, tahukah Anda, jus buah tidak selalu baik untuk kesehatan apalagi jika dikonsumsi setiap hari.

jus buah
Foto: Pixabay

Tak banyak orang yang menyadari bahwa jus buah memiliki kadar gula tinggi. Bahkan, ada beberapa jus yang mungkin memiliki kandungan gula dan kalori seperti minuman bersoda pada umumnya. Kadar vitamin dan anti-oksidan pada jus tidak dapat menutupi tingginya kadar gula pada minuman tersebut.

Gula yang terdapat pada buah-buahan adalah fruktosa. Anda mungkin mengonsumsi beberapa buah sekaligus dalam segelas jus buah. Hal itu menyebabkan gula yang diserap akan berlebihan dan diolah oleh hati dalam jumlah yang besar. Hati adalah satu-satunya organ yang dapat mengolah fruktosa dalam jumlah besar. Saat hati mengolah fruktosa dalam jumlah berlebihan, sebagian dapat diubah menjadi lemak.

Disamping kadar fruktosa dalam buah, saat membuat jus, Anda mungkin menambahkan pemanis seperti gula pasir atau susu kental manis. Nah, hal ini pulalah yang diam-diam membuat jus buah jadi kurang sehat. Bila jus buah dikonsumsi berlebihan dapat berdampak buruk bagi orang yang obesitas atau memiliki penyakit metabolik lainnya seperti diabetes (kencing manis).

Menurut penelitian, saat Anda meminum jus buah tidak akan memengaruhi rasa kenyang. Akibatnya, meski jus buah Anda sudah tinggi kalori, Anda tidak akan merasa kenyang seperti mengonsumsi makanan padat. Hal ini bisa membuat Anda akhirnya minum lebih banyak atau ngemil makanan lain. Akibatnya, Anda akan menerima asupan kalori yang lebih banyak.

Terlalu banyak asupan kalori yang tidak dibakar menjadi energi akan berdampak pada penambahan berat badan. Jadi, alih-alih menurunkan berat badan, minum jus secara berlebihan justru bisa membuat berat badan Anda bertambah.

Baca Juga:  Tumbuhan Ini Sangat Baik untuk Kesehatan Prostat dan Ginjal

Namun jangan khawatir, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh minum jus buah. Untuk menyiasati bahaya terselubung dari jus buah, Anda bisa terapkan tips-tips berikut ini.

  • Buat sendiri jus buah favorit Anda di rumah supaya Anda tahu komposisinya.
  • Hindari pemakaian gula atau pemanis buatan.
  • Tambahkan bahan alami untuk menambah cita rasa. Misalnya, madu, kayu manis, daun mint, atau jahe.