Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Itik Stres

Pertanianku— Bukan hanya manusia yang bisa stres, itik yang Anda pelihara juga bisa mengalami stres. Itik stres biasanya ditandai dengan terjadinya perontokan bulu di bagian dada dan sayap. Jika bulu sudah rontok semua, itik bisa berhenti berproduksi.

itik stress
foto: pertanianku

Ternak yang stres juga akan terlihat murung dan lebih sering menyendiri, tidak bergabung dengan kerumunannya. Stres bukanlah penyakit menular. Akan tetapi, penyakit ini harus segera diatasi dengan tepat agar itik tidak mati.

Jika stres tidak segera diatasi, berat badan ternak akan berkurang dan ternak lebih mudah terserang penyakit seperti influenza, radang hati, dan cacingan. Kemungkinan paling parah yang bisa dialami adalah kematian.

Penyebab stres pada itik cukup banyak. Mulai dari kondisi yang terlalu bising, kurang bebas untuk bermain di dekat air, transportasi, pindah kandang, hingga faktor pergantian pakan.

Itik yang sudah stres akan mengalami penurunan produksi telur. Peternak bisa mengalami kehilangan produksi telur mencapai 10 persen jika itik mengalami stres ringan dan 30 persen produksi telur dari ternak yang stres berat.

Itik juga terlihat tidak nafsu makan, lemah, lesu, dan mengalami diare hingga mengeluarkan kotoran berwarna merah.

Ada banyak cara mencegah itik stres. Jaga kandang agar tidak mudah dimasuki orang yang tidak memiliki kepentingan atau hewan lain yang bisa membahayakan itik. Terlalu banyak orang yang lalu lalang di dalam kandang bisa menyebabkan kebisingan yang tidak disukai oleh itik.

Ciptakan lingkungan kandang yang bisa membuat itik menjadi nyaman. Kondisi kandang yang nyaman sudah pasti akan membuat itik lebih sehat dan menjaga tingkat produktivitas itik.

Jangan lupa, rutin menjaga kebersihan lingkungan peternakan untuk menghindarkan itik dari berbagai bibit penyakit.

Baca Juga:  Segmentasi Usaha Ternak Itik yang Bisa Dipilih

Jika ternak  sudah terdeteksi mengalami stres, Anda harus segera mengoreksi manajemen di dalam kandang. Hal ini karena penyebab stres yang paling umum adalah kesalahan manajemen penanganan di dalam kandang. Segera perbaiki kesalahan tersebut agar hewan tidak semakin stres dan Anda tidak mengalami kerugian yang terlalu besar.


loading...