Jangan Pernah Menyia-nyiakan Kulit Jeruk, Ini Manfaatnya


Pertanianku — Jeruk merupakan salah satu buah favorit yang banyak disukai orang. Umumnya, siapa pun yang memakan buah jeruk pasti akan membuang kulitnya. Tapi, kali ini jangan pernah menyia-nyiakan kulit jeruk tersebut.

kulit jeruk
Pixabay

Buah-buahan seperti lemon, jeruk keprok, dan segala jenis jeruk lainnya memang mengandung nutrisi yang membantu Anda terbebas dari kanker dan memiliki aroma yang harum.

Namun, kulit jeruk ternyata juga memiliki manfaat. Jadi, jika Anda membuang kulit jeruk yang sedang Anda nikmati, itu sama saja Anda membuang-buang uang.

Menurut Southern Living, kulit jeruk ternyata memiliki kandungan pewangi yang tinggi. Anda cukup mencampurkan air, minyak, cuka, atau alkohol dengan aroma jeruk.

Jika Anda ingin mencampur aroma jeruk dengan minyak atau cuka, cukup letakkan campuran kulit jeruk dan minyak atau cuka ini pada botol atau wadah. Lalu, tutuplah campuran tersebut dan letakkan di tempat yang sejuk juga gelap selama 1—2 minggu. Mencampur kulit jeruk ke dalam air dan menyimpannya di kulkas selama satu malam memiliki manfaat yang sama.

Anda juga bisa menggunakan kulit jeruk sebagai pengharum ruangan. Caranya, Anda bisa mengeringkan kulit jeruk dengan dehidrator atau menggunakan oven dan mengaturnya pada suhu terendah selama 20 menit.

Selanjutnya, Anda bisa meletakkan kulit jeruk yang telah kering tersebut ke dalam wadah kecil atau stocking untuk mengharumkan ruangan Anda. Aroma itu cukup untuk menghilangkan bau tak sedap pada ruangan.

Cara berikutnya, yaitu Anda bisa menyimpan 6—8 buah kulit jeruk untuk membuat oleo-saccharum atau ramuan beraroma yang ditemukan dalam banyak resep koktail. Anda cukup mencampurkan kulit jeruk ini dalam mangkuk gula selama beberapa jam. Setelah itu, Anda bisa menikmatinya.

Baca Juga:  Konsumsi Kacang Tanah Sangat Bermanfaat, lho!
loading...
loading...