Jangan Salah! Begini Cara Memilih Buah yang Baik


Pertanianku — Di Indonesia, buah-buahan tropis banyak ditemui di pasaran. Nah, yang perlu Anda perhatikan adalah kecermatan dalam memilih buah yang baik dan berkualitas. Pasalnya, mengonsumsi buah-buahan tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Lebih dari itu, buah juga memberikan kebahagiaan.

memilih buah yang baik
Foto: Google Image

Menurut penelitian yang dilakukan University of Warwick, Semakin banyak Anda mengonsumsi buah, semakin bahagia. Berikut ini akan diulas tips bagaimana cara memilih buah-buahan tertentu yang kualitasnya baik dan menyehatkan.

  1. Manggis

Manggis yang kualitasnya baik memiliki warna ungu gelap mengilap, tidak terasa kopong (terlalu ringan), serta memiliki bonggol yang masih berwarna segar kehijauan. Tekan bagian badan buah manggis. Apabila ada yang terasa terlalu keras atau lembek, berarti manggis tersebut masih belum matang atau bahkan sudah busuk.

  1. Alpukat atau avokad

Kocok perlahan buah alpukat (avokad). Jika terdengar bunyi biji yang terlepas dari badan buah, berarti alpukat tersebut telah matang. Perhatikan juga bagian kulit buah, apabila alpukat tersebut telah matang, maka biasanya berwarna hijau mulus.

  1. Pisang

Perhatikan warna serta tekstur buah pisang. Pisang berwarna kuning yang pas, tekstur terasa mulus, serta kulit yang agak tipis tergolong buah dengan kualitas baik. Kulit yang tebal mengindikasikan bahwa buah pisang tersebut belum matang.

  1. Salak

Buah salak yang tua dan matang memiliki warna kulit cokelat tua kehitaman, terlihat bersih dan mengilap, bersisik besar-besar, dan memiliki jarak yang renggang. Salak yang bulu-bulu di kulitnya sudah mulai rontok menandakan telah matang. Bentuk salak yang lonjong dengan ujung runcing biasanya memiliki rasa yang lebih manis.

  1. Jeruk

Varietas jeruk relatif berbeda-beda. Untuk jeruk yang memiliki kulit tebal, perhatikan warna pada kulit tersebut. Pilih yang warnanya tidak benar-benar kuning serta memiliki penampakan mulus tak berbintik. Untuk jeruk yang memiliki kulit cenderung tipis, pilihlah jeruk yang mantap digenggam serta memiliki kulit yang mengilap. Jeruk hijau yang besar, biasanya memiliki rasa asam.

  1. Mangga
Baca Juga:  Ingin Bertanam Jeruk di Pekarangan, Pilih Jenis Ini Ya!

Buah mangga yang telah matang akan mengeluarkan aroma khas mangga dari pangkal hingga ujung buah tersebut. Buah mangga yang baik memiliki warna khas bonggol kekuningan. Perhatikan bagian bonggol dan buah serta bagian ujungnya, pastikan tidak ada bekas suntikan atau bolong di daerah tersebut.

  1. Durian

Pilih yang berbau harum serta sedikit merekah. Biasanya, durian seperti ini kulitnya sudah terasa agak lunak dan memiliki kerapatan duri yang wajar.