Jangan Salah Ya, Begini Cara Mengupas Alpukat


Pertanianku — Selain rasanya yang sangat enak, buah alpukat atau avokad juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, sudah tahukah Anda bagaimana cara mengupas alpukat yang baik dan benar?

cara mengupas alpukat
Foto: Pixabay

Alpukat yang sudah masak biasa dijadikan jus, atau dimakan begitu saja dengan taburan gula pasir, susu, ataupun madu.

Mengonsumsi alpukat tentu saja tak bisa langsung disantap dengan kulitnya, dan ternyata cara mengupas alpukat berpengaruh pada nutrisi di dalamnya.

Dilansir dari Food and Wine, lapisan tipis pada daging alpukat dekat kulit memiliki kandungan nutrisi yang justru lebih tinggi. Untuk itu, mengupas alpukat dengan mengeroknya menggunakan sendok adalah cara yang tidak disarankan.

Mengupas kulit alpukat yang benar, yaitu dimulai dengan membelah alpukat menjadi dua bagian, kemudian buang bijinya. Setelah itu, belah kembali alpukat hingga menjadi empat bagian.

Tarik perlahan bagian ujung di satu sisi kulit dan kupas menggunakan bantuan tangan. Cara tersebut membuat alpukat terkupas lebih alami serta semua bagian daging bisa maksimal terpisah dari kulitnya.

Cara ini juga membuat bentuk alpukat lebih rapi, jika membutuhkan alpukat dengan potongan yang lebih kecil, gunakan bantuan pisau untuk membelahnya.

Akan tetapi, jika ingin membuat saus seperti guacamole, cukup lumatkan alpukat dengan menggunakan sendok.

Baca Juga:  Pasti Sukses! Begini Cara Budidaya Kiwi di Indonesia