Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memberikan Pakan Ikan Arwana yang Tepat

Pertanianku — Pemberian pakan ikan arwana harus dilakukan dengan tepat untuk memacu pertumbuhan ikan dan membuat penampilannya menjadi prima sehingga indah dipandang. Oleh karena itu, jangan sampai salah saat memberikan pakan arwana. Berikut ini cara memberikan pakan ikan arwana yang tepat.

memberikan pakan ikan arwana
foto: Pertanianku

Sesuaikan ukuran pakan dengan lebar mulut ikan

Ukuran pakan menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika memberikan pakan. Ukuran bukaan mulut ikan berbeda di setiap perkembangan umurnya. Jangan sampai pakan yang diberikan berukuran lebih besar daripada ukuran bukaan mulut sehingga ikan merasa kesulitan untuk makan. Hal tersebut akan menyebabkan ikan kesulitan menelan pakan hingga tidak bisa memakan pakan tersebut.

Bersihkan pakan yang akan diberikan

Pakan yang diberikan harus dipastikan sudah bersih, apalagi untuk pakan yang didapatkan langsung dari alam. Pasalnya, pakan tersebut dapat membawa bibit penyakit bagi ikan. Pakan yang biasanya berpotensi membawa bibit penyakit adalah ikan kecil dan anak katak. Kedua pakan tersebut sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan kalium permanganat dengan dosis 0,25 gram/liter air selama 30—60 menit sebelum diberikan.

Berikan pakan secara teratur

Pemberian pakan sebaiknya dilakukan secara teratur agar kondisi kesehatan ikan tetap dapat terjaga. Pakan bisa diberikan banyak tiga kali, yaitu pagi, siang, dan sore hari. Pada pagi hari berikan pakan jangkrik atau serangga lainnya dan lakukan pemberian pakan pada pukul 07:00—08:00.

Siang hari berikan pakan anak katak pada pukul 11:00—12:00 dan dilakukan kembali pada pukul 14:00. Menjelang malam atau di sore hari berikan pakan berupa jangkrik dan belalang pada pukul 17:00—18:00.

Berikan variasi pakan

Setiap pakan yang diberikan mengandung nutrisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya berikan pakan bervariasi. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi ikan akan lebih terpenuhi dengan baik. Hal ini sepintas terlihat tidak begitu penting, tetapi bisa berdampak secara langsung terhadap kondisi kesehatan ikan. Ikan yang sudah terbiasa dengan pakan yang variatif akan lebih mudah dengan urusan pakan dan tidak perlu melakukan adaptasi dengan pakan barunya.

Baca Juga:  KKP Terus Berupaya Meningkatkan Budidaya Ikan Hias

 

 


loading...