Jangan Sampai Salah, Ini Cara Memberikan ZPT untuk Tanaman Buah

Pertanianku — Salah satu cara untuk merangsang tanaman berbuah adalah memberikan hormon perangsang tumbuh, atau lebih dikenal sebagai zat perangsang tumbuh (ZPT). Pada dasarnya ZPT bisa diproduksi secara alami oleh tanaman itu sendiri, hanya saja dengan seiring berkembangnya teknologi, petani bisa memberikan ZPT tanaman buah.

zpt tanaman buah
foto: pertanianku

Namun, ZPT dapat bekerja optimal jika pemberiannya dilakukan dengan tepat. ZPT buatan bisa bekerja seperti ZPT alami pada tanaman, yakni merangsang pertumbuhan akar, batang, daun, bunga, dan buah. Berikut ini beberapa langkah tepat untuk memberikan ZPT pada tanaman buah.

Berikan perlakuan intensif

ZPT yang diberikan pada tanaman juga bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas buah yang dihasilkan. Peran tersebut bisa bekerja secara optimal jika pemberiannya dilakukan dengan benar. ZPT diberikan bersamaan dengan pemupukan dan pengairan intensif. Kedua perlakuan tersebut sangat dibutuhkan untuk mengimbangi ZPT yang diberikan ke tumbuhan dan kebutuhan unsur hara pada tanaman.

Jika pemberian ZPT tidak diimbangi dengan pemupukan dan pengairan, pemberian ZPT bisa menyebabkan tumbuhan jadi merana.

Dosis yang digunakan tidak boleh sembarangan. ZPT biasanya diaplikasikan dalam dosis besar. Dosis yang berlebih dapat menghambat kerja hormon.

Gunakan produk ZPT yang sesuai untuk tanaman buah

Saat ini Anda dapat menemukan beragam jenis ZPT di pasar dan toko pertanian. Tiap ZPT memiliki manfaat tersendiri sehingga Anda harus menyesuaikan jenis ZPT yang dipilih dengan tujuan yang ingin didapatkan. Biasanya, ZPT yang digunakan untuk membuat tanaman cepat berbuah adalah atonik, cultar, dekaman, dharmasari, ergostim, ethrel 40 PGR, florita, gibberlin, hidrasil, hobsanol, dan kaslium karbit.

Kondisi tanaman harus prima

Saat ingin merangsang tanaman untuk pembungaan dan pembuahan dengan ZPT, Anda harus memastikan kondisi tanaman sedang prima. Selain itu, pastikan umur tanaman sudah dewasa, kondisinya sehat, dan memiliki cadangan karbohidrat yang tinggi.

Baca Juga:  Peluang Usaha Lengkeng Matalada, Lengkeng Berbiji Kecil Sensasi Makan Lebih Puas

Kondisi pohon yang prima bisa mempercepat proses tanaman untuk berbuah dengan berbagai cara. Sebenarnya, pengaplikasian ZPT sebaiknya dijadikan upaya terakhir dan dilakukan dengan pertimbangan yang bijaksana. Pasalnya, Anda masih bisa merangsang pembuahan dengan cara lain yang lebih alami.

 

 


loading...