Jangan Sampai Salah Pilih, Panduan Membeli Pupuk Organik yang Bagus

Pertanianku— Sumber nutrisi bagi tanaman adalah pupuk yang diberikan. Oleh karena itu, pemberian pupuk harus dilakukan sesuai dengan standar dan rutin. Saat ini banyak orang yang mulai tertarik menggunakan pupuk organik agar hasil panennya lebih sehat dan lingkungan di sekitarnya tidak rusak. Namun, tidak semua pupuk organik berkualitas baik, oleh sebab itu Anda harus membeli pupuk organik yang benar dan bagus.

membeli pupuk kandang
foto; Pertanianku

Penggunaan pupuk organik memang bisa mendatangkan berbagai manfaat. Mulai dari hasil panen yang bebas residu, tidak akan menyebabkan resistensi pada hama, tidak mengganggu keseimbangan lingkungan, hingga bisa menjadi solusi untuk mengatasi beberapa jenis limbah organik.

Saat Anda ingin membeli pupuk organik di pasaran, sebaiknya perhatikan beberapa hal. Pasalnya, pupuk organik yang digunakan harus sudah siap agar tidak membahayakan tanaman. Pupuk organik yang belum matang dengan sempurna dapat menyebabkan tanaman malah menjadi sengsara. Berikut ini kiat-kiat saat membeli pupuk organik di pasaran.

  • Bahan organik yang mengalami proses pembuatan sempurna dan stabil biasanya memiliki perbandingan karbon dan nitrogen antara 10:1 sampai 15:1. Perbandingan ini bisa dilihat pada kemasan pupuk.
  • Derajat keasaman (pH) pupuk yang aman dan berkualitas berkisar 6,5—7,5. Anda bisa mengukur derajat keasaman secara manual dengan kertas lakmus atau menggunakan alat pengukur pH.
  • Pupuk yang bagus akan mencantumkan unsur makro dan mikro pada kemasannya agar memudahkan pembeli mengetahui kandungan yang terdapat di dalamnya.
  • Jika kemasannya tidak menjelaskan banyak informasi tentang pupuk, Anda perlu memerhatikan warna dan tekstur. Pastikan pupuk bebas dari pathogen dan kandungan logam berat. Pupuk organik yang sudah matang cenderung berwarna lebih gelap dan teksturnya lebih halus. Tidak mengeluarkan aroma yang kurang sedap meskipun pupuk tersebut terbuat dari kotoran ternak.
  • Untuk kompos, tidak larut dalam air meskipun sebagian kompos dapat membentuk suspens.
  • Dapat berefek baik pada tanah jika diaplikasikan.
  • Suhu pupuk tidak tinggi dan kurang lebih sama dengan suhu lingkungan. Suhu yang terlalu tinggi menandakan pupuk masih dalam tahap fermentasi.
Baca Juga:  Budidaya Padi Ramah Lingkungan Berhasil Melakukan Panen Perdananya

Agar tidak salah pilih saat membeli pupuk organik, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dengan penjual pupuk, seperti toko pertanian. Salah satu toko pertanian tepercaya yang telah berpengalaman puluhan tahun menjual produk-produk pertanian berkualitas dan menyediakan layanan konsultasi adalah Toko Trubus. Toko Trubus menyediakan beragam pupuk organik unggulan dan berkualitas sesuai dengan jenis tanaman yang Anda miliki.

Untuk berkonsultasi, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus. Atau mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda. Selain itu, Anda bisa mendapatkan produk-produk Toko Trubus di Tokopedia.